Sukses

Health

5 Penyebab PMS Telat Pada Remaja yang Paling Sering Terjadi

Fimela.com, Jakarta Khawatir tentang pms yang terlambat, terkadang membuat beberapa orang berfikiran akan hamil. Pms atau menstruasi yang terlewat maupun terlambat dapat terjadi karena berbagai alasan, selain kehamilan sendiri.

Salah satu penyebab yang paling umum dari pms terlambat adalah adanya ketidakseimbangan hormon sehingga kondisi medis yang cukup serius. Meskipun kehamilan merupakan salah satu penyebab yang paling umum dari keterlambatan menstruasi.

Faktor medis atau gaya hidup lainnya juga dapat mempengaruhi siklys menstruasi yang membuatnya menjadi terlambat, perubahan berat badan juga dapat mempengaruhinya. Berikut beberapa penyebab pms telat pada seseorang:

1. Stres

Stress yang kronis ternyata dapat membuang hormon, mengubah rutinitas keseharian, serta dapat mempengaruhi bagian otak yang bertanggung jawab untuk mengatur menstruasi. Stress juga dapat menyebabkan penyakit atau kenaikan serta penurunan berat badan secara tiba-tiba, dan dapat mempengaruhi siklus pms.

2. Berat Badan Rendah

Seseorang yang memiliki gangguan makan, seperti anoreksia nervosa atau bumilia mungkin akan mengalami keterlambatan menstruasi. Kehilangan terlalu banyak berat badan juga dapat menyebabkan menstruasi menjadi tidak teratur, tak hanya itu hal ini dapat menghentikan siklus sama sekali. Hal ini dikarenakan tubuh tidak memiliki cukup lemak tubuh yang dapat menghentikan ovulasi.

3. Obesitas

Seperti gaya hidup lainnya, berat badan yang berlebih ternyata dapat menyebabkan seseorang mengalami ketidakaturan menstruasi. Obesitas juga dapat menyebabkan tubuh memproduksi esterogen secara berlebihan, hal ini merupakan hormon reproduksi utama.

4. Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS)

https://www.fimela.com/beauty/read/3778165/dikira-sakit-biasa-6-gejala-kista-ovarium-ini-harus-diketahui-wanitaSindrom ovarium polikistik atau PCOS merupakan salah satu kondisi yang dapat menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak hormon. Kista yang terbentuk di bagian ovarium ini merupakan salah satu penyebab dari ketidakseimbangan hormon, hal ini dapat membuat ovulasi tidak teratur atau bahkan menghentikannya sama sekali.

5. Masalah Tidroid

Kelenjar tidroid yang terlalu aktif atau kurang aktif ternyata dapat menyebabkan keterlambatan menstruasi. Tiroid dapat mengatur metabolism dalam tubuh, sehingga kadar hormon juga dapat mempengaruhinya.

Jika menstruasi yang kamu alami sedang tidak teratur, sebaiknya untuk membicarakan dengan dokter. Hal ini terkadang dapat menandakan adanya masalah pada kondisi yang menyebabkan hal tersebut terjadi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading