Sukses

Health

4 Alasan Konsumsi Asam Folat Penting Bagi Ibu Hamil di Trimester Pertama

Fimela.com, Jakarta Momen kehamilan menjadi momen yang sangat membahagiakan bagi setiap perempuan. Apalagi jika kehamilan telah ditunggu dalam waktu lama bersama suami dan keluarga besar tercinta. Untuk mendapatkan kehamilan yang sehat, salah satu asupan nutrisi yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi Mom hamil trimester pertama adalah asam folat. 

Selain direkomendasikan untuk Mom yang sedang hamil muda, asam folat juga direkomendasikan untuk Mom yang sedang merencanakan program kehamilan. Mengutip dari laman asianparent.com, ada beberapa alasan kenapa konsumsi asam folat sangat penting.

Mencegah Cacat Tabung Saraf

Asam folat merupakan bentuk sintesis dari vitamin B9 atau yang disebut folat. Ini bermanfaat untuk mencegah terjadinya gangguan atau cacat pada tabung saraf janin yang berperan besar dalam tumbuh kembang otak dan sumsum tulang belakang janin. Folat berperan besar dalam membantu perkembangan sistem saraf janin.

Membantu Produksi Sel Darah Merah di Awal Kehamilan

Saat hamil muda, Mom rentan mengalami anemia karena kekurangan zat besi. Mom juga rentan mengalami kekurangan darah. Untuk membantu tubuh memproduksi sel darah merah dengan lebih baik, penting bagi Mom selama kehamilan terutama di awal kehamilan untuk mengonsumsi asam folat. Asam folat juga bermanfaat menstabilkan tekanan darah.

Melindungi Janin

Asam folat bermanfaat melindungi janin dari berbagai risiko berbahaya termasuk cacat pada bayi, bayi lahir prematur, keguguran dan perkembangan yang buruk pada bayi. Asam folat akan membantu Mom memiliki bayi yang tak hanya sehat sejak di dalam kandungan tetapi juga cerdas. 

Membantu Pembentukan DNA

Asam folat penting dikonsumsi karena ini bermanfaat memproduksi, mengaktifkan dan memperbaiki DNA yang terkait dengan genetik bayi. Ini juga bermanfaat memaksimalkan pertumbuhan dan perkembangan janin selama di kandungan. 

Itulah beberapa alasan kenapa Mom penting mengonsumsi asam folat di trimester pertama kehamilan atau bahkan sejak merencanakan kehamilan. Untuk asam folat sendiri, Mom bisa memperolehnya di beberapa jenis makanan termasuk buah alpukat dan ikan atau pada suplemen asam folat di klinik atau apotek terdekat. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading