Sukses

Health

Lagi Galau? 5 Makanan Ini Siap Memperbaiki Suasana Hatimu

Fimela.com, Jakarta Suasana hati dapat dipengaruhi oleh beberapa hal seperti stress, faktor lingkungan, kurang waktu tidur, hingga bersifat genetika. Dikutip dari healthline, terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa rupanya suasana hati juga ada hubungannya dengan asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh, loh. 

Jika saat ini Sahabat Fimela sedang dalam mood tidak baik atau sedang galau, mungkin makanan di bawah ini akan membantu membangkitkan lagi semangatmu. 

Penasaran apa saja makanan yang bisa membuat mood terangkat kembali? Yuk simak 5 fakta makanan berikut ini.

Ikan Berlemak Baik

Asam lemak omega-3 adalah sejenis lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan namun tidak bisa dihasilkan sendiri oleh tubuh. Ikan salmon dan tuna adalah contoh dua ikan yang mengandung banyak omega-3.  Beberapa studi juga mengungkap bahwa kandungan omega-3 pada ikan berlemak ini dapat mengurangi resiko depresi sehingga baik untuk kesehatan mental.

Dark Chocolate

Cokelat kaya akan senyawa yang berguna meningkatkan suasana hati. Contohnya flavonoid yang dapat meningkatkan kesehatan dan telah terbukti meningkatkan aliran darah ke otak, mengurangi peradangan, dan meningkatkan kesehatan otak, yang mana semuanya mendukung pengaturan suasana hati. Selain itu, cokelat memiliki kadar hedonic yang tinggi, yang berarti bahwa rasa, tekstur, dan aromanya yang menyenangkan juga dapat meningkatkan suasana hati yang baik.

Makanan Fermentasi

Makanan hasil fermentasi seperti kimchi, yogurt, kefir, dan kombucha dapat meningkatkan kesehatan dan suasana hati. Proses saat fermentasi memungkinkan bakteri hidup berkembang biak dalam makanan yang kemudian mampu mengubah gula menjadi alkohol dan asam. Jenis bakteri sehat ini dapat meningkatkan kadar serotonin yang mana adalah neurotransmitter, dapat mempengaruhi banyak aspek perilaku manusia, seperti suasana hati, respons stres, nafsu makan, dan dorongan seksual. 

Beri-Berian

Mengkonsumsi buah dan sayuran dihubungkan dengan tingkat depresi yang rendah. Contohnya adalah buah beri yang tinggi anthocyanin, pigmen yang memberi warna ungu-biru pada buah beri tertentu dan bisa mengurangi risiko gejala depresi 39% lebih rendah. Buah beri juga mengandung berbagai antioksidan dan senyawa fenolik yang memainkan peran kunci dalam memerangi stres oksidatif–ketidakseimbangan senyawa berbahaya dalam tubuh.

Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan memang sudah lama diketahui kaya akan protein nabati, lemak sehat, dan serat. Dalam kaitannya suasana hati, kacang-kacangan seperti almond, kacang mete, kacang tanah, dan kenari, serta biji labu, wijen, dan bunga matahari  mengandung triptofan, yakni asam amino yang bertanggung jawab untuk memproduksi serotonin yang meningkatkan suasana hati. Terakhir, kacang-kacangan dan biji-bijian tertentu, seperti kacang Brazil, almond, dan kacang pinus, merupakan sumber zinc dan selenium yang baik dan dikaitkan dengan penurunan resiko depresi.

Dengan mengkonsumsi makanan di atas, Sahabat Fimela gak perlu galau lagi karena suasana hatimu akan terangkat dan jadi bersemangat lagi menjalani hari-hari. Bagaimanapun keadaanmu, jangan lupa untuk terus menerapkan pola makan yang sehat, ya.

Penulis: Malichatus Sa’diyah

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading