Sukses

Health

3 Tips Menjaga Kebersihan Vagina Agar Sehat dan Higienis

Fimela.com, Jakarta Istilah produk kebersihan vagina secara khusus merujuk pada barang yang digunakan selama siklus menstruasi. Produk-produk ini seperti tampon, pembalut, menstrual cup, dan produk lainnya. Namun, untuk menjaga kebersihan area kewanitaan tidak terbatas pada produk itu saja.

Penting untuk mengetahui bagaimana cara alami untuk menjaga kebersihan vagina karena akan berpengaruh pada kesehatan. Vagina yang bersih dan sehat akan membuat tubuh terasa nyaman.

Dilansir dari Health Line, berikut tips menjaga kebersihan vagina.

1. Makanan yang Dikonsumsi

Tubuh kita membutuhkan berbagai macam nutrisi agar dapat berfungsi secara optimal. Makanan dan minuman yang kita konsumsi berpengaruh pada kesehatan semua bagian tubuh, termasuk vagina. Beberapa makanan yang dapat menunjang kesehatan vagina secara optimal antara lain:

  • Antioksidan
  • Vitamin E
  • Vitamin C
  • Asam lemak omega-3
  • Asam lemak omega-6
  • Protein
  • Probiotik

2. Membersihkan dengan Cara yang Benar

Membersihkan vagina dengan cara yang tepat adalah hal paling dasar untuk menjaga kesehatan vagina. Bila mengalami keputihan, segeralah mengganti pakaian dalam dengan yang bersih. Vagina memang memiliki kemampuan untuk membersihkan dirinya sendiri, namun kita perlu memberi perhatian lebih pada vulva atau kulit bagian luar. Mencucinya satu kali sehari dengan sabun bebas pewangi bisa menjadi solusi. Setelahnya, seka air yang tersisa dengan tisu bersih.

3. Perawatan Diri yang Baik

Rambut kemaluan memiliki manfaat penting bagi tubuh. Namun, belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa rambut kemaluan memiliki fungsi bagi kebersihan vagina. Memotongnya sesekali perlu dilakukan untuk menghindari penumpukan bakteri. Gunakan pisau cukur yang steril dan khusus untuk vulva. Mencukur seluruh atau sebagian dari rambut kemaluan keduanya boleh dilakukan asal dilakukan dengan benar.

Penting untuk menjaga kebersihan vagina karena kebersihan berpengaruh pada kesehatan. Perhatikan kebersihan organ intimmu karena kebersihan organ intim sama pentingnya dengan kebersihan bagian tubuh lainnya.

Penulis : Mufiidaanaiilaa Alifah S.

What's On Fimela
Loading