Sukses

Health

5 Manfaat Melakukan Olahraga secara Rutin

Fimela.com, Jakarta Melakukan olahraga secara rutin sangat penting dilakukan untuk menjaga tubuh agar tetap sehat. Manfaatnya bisa dirasakan setelah cukup lama berolahraga, salah satu manfaatnya ialah meningkatkan kinerja otak, hingga membuat pikiran lebih fresh.

Sayangnya masih banyak orang yang malas untuk melakukan olahraga. Mereka merasa olahraga sama dengan kegiatan harian lainnya.

Berikut terdapat beberapa manfaat melakukan olahraga yang telah dirangkum dari berbagai sumber. Siapa tahu setelah melihat manfaatnya secara keseluruhan, kamu jadi tertarik untuk melakukannya.

1. Menjaga berat badan ideal

Olahraga ternyata juga bisa menurunkan berat badan berlebih, menjaga berat badan ideal, hingga mempertahankan keberhasilan penurunan berat badan. Pasalnya, olahraga bisa menyeimbangkan konsumsi kalori melalui makan dan minum dengan kalori yang dibakar.

Setiap orang berbeda-beda dalam menentukan seberapa banyak kegiatan fisik yang dibutuhkan. Kamu bisa saja harus lebih aktif daripada orang lain untuk mempertahankan berat badan ideal.

Namun, untuk mempertahankan berat badan ideal, maka kamu bisa melakukan olahraga aerobik dengan intensitas sedang hingga 150 menit dalam satu minggu. Mudahnya, kamu bisa melakukannya 30 menit tiap hari untuk 5 hari saja.

2. Menjadi lebih bahagia

Olahraga secara rutin juga bisa merangsang berbagai zat kimia dalam otak dan membuat kamu merasa lebih bahagia. Bukan hanya itu saja, melakukan olahraga secara rutin juga dapat meningkatkan rasa percaya diri kamu, lho.

3. Menjaga kesehatan jantung

Selain membuat lebih bahagia, olahraga juga bisa mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan penyakit tertentu lainnya. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, melakukan olahraga aerobik setidaknya 150 menit dalam seminggu bisa menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, sindrom metabolik dan diabetes tipe 2.

4. Memperkuat tulang dan otot

Seiring bertambahnya usia maka kepadatan tulang dapat berkurang bahkan hilang. Karenanya, olahraga teratur dapat memperlambat hal itu terjadi. Seperti yang kita tahu, semakin bertambah usia maka rentan dengan penyakit tulang pinggul, cedera, artritis, dan rematik.

Nah, olahraga untuk mengurangi risiko penyakit tersebut bisa jalan cepat, jumping back, lari, dan aerobik.

5. Meningkatkan kualitas tidur

Melakukan olahraga secara rutin juga bisa membantu tidur lebih nyenyak. Aktivitas fisik yang teratur bisa membuat tidur lebih cepat. Tentunya membuat kualitas tidur lebih baik. Namun pastikan tidak berolahraga dekat dengan waktu tidur.

Nah, itu dia beberapa manfaat melakukan olahraga secara rutin. Bagaimana, sekarang sudah berkomitmen untuk melakukan olahraga secara teratur atau tidak? Semoga bermanfaat!

 

Penulis: Nur Faizah

What's On Fimela
Loading