Sukses

Health

5 Gejala Kehamilan yang Paling Sering Terjadi

Fimela.com, Jakarta Bagi pasangan yang telah menikah, kehamilan adalah salah satu momen yang paling ditunggu dan membuat keduanya merasa sangat bahagia. Setelah melakukan hubungan intim, butuh waktu berhari-hari bahkan berminggu-minggu untuk memastikan adanya kehamilan atau tidak dalam rahim istri. Untuk mengetahui kehamilan, Sahabat Fimela perlu tahu beberapa gejala dari kehamilan dan juga melakukan tes kehamilan sendiri di rumah menggunakan tespack. 

Meski kehamilan sering ditunjukkan dengan beberapa gejala, tidak semua perempuan memiliki gejala yang sama. Beberapa perempuan mungkin tak pernah menyadari bahwa ia sedang hamil karena ia tak merasakan gejala apapun. Mengutip dari laman parents.com, berikut beberapa gejala kehamilan yang paling sering terjadi dan kemungkinan besar dirasakan oleh hampir semua perempuan. 

Telat Haid

Gejala yang paling sering dan pasti terjadi adalah telat haid. Telat haid atau menstruasi bisa saja sebagai gejala selain kehamilan. Namun perlu kita tahu, hampir semua perempuan yang hamil akan mengalami telat haid atau menstruasi. Ketika kamu memiliki hubungan intim yang aktif dan tidak melukan KB, sebaiknya tes kehamilan saat telat haid untuk memastikan kamu hamil atau tidak. 

Kram Perut dan Keluar Bercak

Kram perut dan keluarnya bercak darah di miss V bisa sebagai gejala awal kehamilan. Kram perut ini bisa terjadi setelah beberapa hari berhubungan intim. Kram perut dan keuarnya bercak terjadi karena adanya pembuahan. Selain bercak darah, kehamilan awal juga ditandai dengan keputihan dalam jumlah cukup banyak. 

Perubahan Pada Payudara

Gejala kehamilan selanjutnya adalah perubahan pada payudara. Kehamilan awal ditandai dengan perubahan payudara yang menjadi lebih sensitif, terasa nyeri, terasa penuh dan besar. Meski perubahan pada payudara juga sering terjadi saat premenstruasi, perubahan payudara dalam waktu lama disertai telatnya menstruasi menandakan adanya kehamilan.

Morning Sickness

Morning sickness atau kondisi di mana kamu sering merasa mual, muntah dan pusing di pagi, siang atau malam hari menandakan dari awal kehamilan. Hampir sebagian perempuan mengalami morning sickness di awal kehamilannya. 

Kelelahan

Tubuh yang mudah lelah, letih dan lesu juga sebagai gejala kehamilan. Kelelahan yang terjadi selama kehamilan terutama di awal kehamilan disebabkan oleh perubahan hormon dalam tubuh. Ini juga terjadi karena penurunan kadar gula, tekanan darah dan produksi darah yang melambat. 

Itulah beberapa gejala kehamilan yang paling sering terjadi. Semoga informasi ini bermanfaat. Buat Sahabat Fimela yang sedang merencanakan kehamilan dan  menantinya, pastikan untuk jaga pola hidup sehat, hindari stres dan miliki istirahat cukup agar segera mendapat garis dua.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading