Sukses

Health

5 Pengobatan Rumahan untuk Atasi Menstruasi yang Tidak Teratur

Fimela.com, Jakarta Rata-rata siklus menstruasi adalah 28 hari yang dihitung dari hari pertama menstruasi hingga hari pertama bulan berikutnya. Menstruasi masih dianggap teratur bila datang setiap 24 sampai 38 hari. Bila menstruasi sering berubah seperti datang lebih awal atau lebih lambat, maka siklus menstruasi dianggap tidak teratur.

Menstruasi tidak teratur disebabkan oleh berbagai hal seperti perubahan hormon, kondisi medis, atau obat-obatan. Untuk mengatasi hal tersebut terdapat beberapa pengobatan yang dapat dilakukan di rumah. Melansir dari Health Line berikut penjelasannya.

1. Pertahankan Berat Badan Sehat

Perubahan berat badan berpengaruh pada siklus menstruasi. Saat berat badan lebih rendah atau lebih besar dari angka ideal untuk tubuhmu, maka pola menstruasi akan tak beraturan. Orang yang mengalami obesitas, saat menstruasi akan mengalami rasa sakit yang lebih berat. Hal ini disebabkan oleh pengaruh lemak terhadap hormon dan insulin. Untuk mengetahui berat badan idealmu, konsultasikan pada dokter.

2. Olahraga Teratur

Sebuah uji klinis tahun 2021 menunjukkan bahwa olahraga dapat secara efektif mengurangi intensitas dan durasi nyeri saat menstruasi. Tak hanya itu, olahraga dapat membantu mengontrol berat badan yang berpengaruh pada periode menstruasi. Berat badan ideal umumnya direkomendasikan sebagai perawatan untuk sindrom ovarium polikistik (PCOS) yang dapat menyebabkan ketidakteraturan menstruasi.

3. Kayu Manis

Kayu manis bermanfaat untuk berbagai masalah menstruasi, salah satunya mengatasi siklus menstruasi yang tidak teratur. Penelitian dari tahun 2014 menemukan itu membantu mengatur siklus menstruasi dan bahkan bisa menjadi pilihan pengobatan yang efektif untuk perempuan dengan PCOS (Polycystic Ovarian Syndrom) yaitu salah satu gangguan hormon. Kayu manis dapat dikonsumsi sebagai pemanis pada teh, olahan kue, dan lainnya.

4. Konsumsi Buah Nanas

Buah nanas mengandung bromelain yaitu enzim yang dipercaya dapat melembutkan lapisan rahim dan mengatur menstruasi. Selain itu, bromelain pada nanas juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat menghilangkan rasa sakit saat menstruasi.

5. Yoga

Sebuah studi pada tahun 2013 menemukan bahwa yoga mampu menurunkan kadar hormon terkait menstruasi tidak teratur. Yoga juga terbukti mampu mengatasi nyeri menstruasi dan gejala emosional yang dirasakan selama periode menstruasi. Lakukan yoga selama 30 hingga 40 menit 5 hari dalam seminggu secara rutin untuk membantu melancarkan siklus menstruasi.

Siklus menstruasi akan kembali normal bila menjalankan gaya hidup sehat. Bila siklus menstruasi tak kunjung teratur, konsultasikan pada dokter.

Penulis : Mufiidaanaiilaa Alifah S.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading