Sukses

Health

5 Manfaat Memelihara Kucing, Jantung Lebih Sehat Hingga Terhindar dari Stres

Fimela.com, Jakarta Siapa di sini yang suka memelihara kucing? Kucing merupakan salah satu hewan yang cukup menggemaskan dan bersahabat dengan manusia. Tidak heran jika kucing menjadi salah satu hewan peliharaan favorit selain anjing pun burung. Banyak orang yang memelihara kucing di rumah karena menganggap kucing sebagai sahabat yang menyenangkan. Ya, kucing adalah salah satu hal yang bisa membuat pemiliknya merasa lebih senang, bahagia serta nyaman. 

Tak hanya bikin senang, studi yang dilakukan para ahli bahkan menemukan jika memelihara kucing memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Memelihara kucing dipercaya sangat baik untuk menunjang kesehatan fisik pun psikis pemiliknya jadi lebih baik. Mengutip dari laman liputan6.com, berikut beberapa manfaat memelihara kucing.

Menyehatkan Jantung

Manfaat pertama dari memelihara kucing adalah menyehatkan jantung. Penelitian menemukan jika mengelus kucing dan bermain bersama kucing memberi efek tenang, bahagia dan nyaman. Dengan perasaan yang lebih tenang, kita pun bisa terhindar dari stres. Saat kita terhindar dari stres, ini bisa membuat jantung lebih sehat.

Mengontrol Tekanan Darah

Memelihara kucing dipercaya mampu mengontrol tekanan darah dengan baik. Studi yang dilakukan para ahli di University of Buffalo menemukan jika orang-orang yang memelihara kucing di rumah mereka memiliki tekanan darah yang lebih stabil. Pemilik kucing yang sebelumnya mengalami tekanan darah tinggi, pelan tapi pasti juga akan mengalami penurunan tekanan darah yang membuatnya lebih sehat, bugar dan bahagia.

Mengurangi Risiko Kesepian

Orang-orang yang memelihara kucing akan lebih terhindar dari risiko kesepian. Alasannya adalah, kucing yang dekat dengan pemiliknya akan membuat pemiliknya merasa lebih hidup, lebih semangat dan termotivasi melakukan yang terbaik dalam hidup. Penelitian menemukan jika orang yang dekat dengan hewan peliharaan khususnya kucing, mereka bisa merasa lebih nyaman dan terhindar dari rasa kesepian. 

Mencegah Alergi

Penelitian juga menyebutkan jika memelihara kucing bisa mencegah alergi. Penelitian yang diterbitkan di Clinical & Experimental Allergy pada tahun 2011, menemukan jika remaja yang memiliki kucing selama tahun pertama kehidupan mereka memiliki risiko penurunan kepekaan terhadap kucing di kemudian hari. 

Sedangkan penelitian yang diterbitkan di Journal of American Medical Association menemukan jika bayi yang dekat dengan kucing lebih rendah berisiko alergi tidak hanya pada bulu kucing tetapi juga pada tungau, debu hingga rumput.

Mencegah Stres dan Depresi

Memelihara kucing bermanfaat mencegah stres dan depresi. Studi menemukan jika orang yang sering menghabiskan waktu bersama kucing memiliki perasaan lebih sabar, lemaha lembut dan tidak mudah marah. Mereka juga lebih tenang, bahagia dan nyaman sehingga terhindar dari risiko stres maupun depresi. 

Itulah beberapa manfaat dari memelihara kucing untuk kesehatan. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading