Sukses

Health

5 Alasan Jalan Kaki Baik untuk Kesehatan Fisik dan Mentalmu

Fimela.com, Jakarta Jalan kaki merupakan salah satu aktivitas sehari-hari yang terlihat sepele. Walaupun terlihat sepele tapi aktivitas fisik ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuhmu. Jalan kaki dinilai menjadi salah satu aktivitas sederhana yang dapat kamu lakukan untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan, baik fisik maupun mentalmu.

Hal ini bahkan telah diungkapkan oleh bapak kedokteran dunia, Hipprocrates, yang pernah berkata bahwa jalan kaki merupakan obat terbaik untuk manusia. Hiprocrates mengatakan kepada masyarakat Yunani Kuno untuk rajin berjalan kaki agar kesehatan fisik dan mental terjaga.

Lalu apa sajakah manfaat kesehatan yang dapat kamu peroleh dari berjalan kaki? Yuk simak 5 manfaat rajin berjalan kaki di bawah ini.

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Rajin berjalan kaki dapat meningkatkan kesehatan jantung. Dilansir dari laman Everyday Health berjalan kaki dapat melatih jantungmu dan menurunkan kadar kolestrol dalam tubuhmu. Kolesterol tinggi merupakan salah satu faktor yang beresiko menyebabkan penyakit jantung. Penurunan jumlah kolesterol total sebesar 10 persen dapat memangkas risiko penyakit jantung. Selain itu rajin berjalan kaki juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi yang juga merupakan salah satu faktor yang menyebabkan penyakit jantung.

2. Mengurangi Resiko Kanker Payudara

Dikutip dari laman Harvard Health Publishing berjalan kaki dapat mengurangi resiko kanker payudara. Sebuah penelitian yang dilakukan American Cancer Society menemukan bahwa wanita yang berjalan tujuh jam atau lebih dalam seminggu memiliki resiko 14% lebih rendah terkena kanker payudara daripada mereka yang berjalan tiga jam atau kurang per minggu.

3. Meningkatkan Fungsi Kekebalan tubuh

Manfaat lain dari rajin berjalan kaki adalah meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Dilansir dari laman Harvard Health Publishing sebuah penelitian terhadap lebih dari 1.000 pria dan wanita menemukan bahwa mereka yang berjalan setidaknya 20 menit sehari, setidaknya 5 hari seminggu, memiliki hari sakit 43% lebih sedikit daripada mereka yang berolahraga seminggu sekali atau kurang. Dan jika mereka jatuh sakit, durasinya lebih pendek, dan gejalanya lebih ringan.

4. Meningkatkan Mood

Selain memiliki manfaat untuk kesehatan fisik rajin berjalan kaki juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mentalmu salah satunya dapat meningkatkan moodmu. Dilansir dari laman Healthline rajin berjalan kaki dapat dapat membantu mengurangi kecemasan, depresi, dan suasana hati yang negatif.

5. Membantu Proses Berfikir Kreatif

Dilansir dari laman Healthline berjalan kaki dapat membantu proses berfikir kreatif. Sebuah studi yang mencakup empat eksperimen membandingkan orang yang mencoba memikirkan ide-ide baru saat mereka duduk dan berjalan. Para peneliti menemukan bahwa peserta yang berjalan kaki dapat berfikir lebih baik mengenai ide-ide kreatif, terutama saat berjalan kaki di luar ruangan. Para peneliti menyimpulkan bahwa jalan kaki membuka aliran ide yang bebas dan merupakan cara sederhana untuk meningkatkan kreatifitas dan sekaligus mendapatkan aktivitas fisik.

Itulah lima manfaat rajin berjalan kaki untuk kesehatan fisik dan mentalmu. Mulai saat ini jangan malas-malasan lagi untuk berjalan kaki ya sahabat Fimela. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat.

 

Penulis: Diah Ayu V.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading