Sukses

Health

Atasi Demam pada Anak dengan 4 Cara Alami tanpa Obat-obatan

Fimela.com, Jakarta Demam merupakan gejala atau respons tubuh terhadap infeksi atau penyakit lain pada tubuh. Penyebab demam pada anak atau orang dewasa bervariasi seperti efek imunisasi, infeksi virus, atau gejala penyakit seperti cacar, tifus, dan lainnya. Melansir dari Healthy Children demam umumnya tidak harus ditangani dengan obat kecuali bagi anak yang memiliki riwayat kejang. Saat anak mengonsumsi makanan bernutrisi dan istirahat cukup, demam pun dapat ditangani.

Konsumsi obat untuk mengatasi demam pada anak perlu diperhatikan. Obat tanpa resep dokter mungkin lebih berisiko untuk anak. Tanpa obat, orang tua dapat memberi penanganan saat anak demam dengan beberapa cara alami. Melansir dari Health Line, berikut penjelasannya.

1. Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Saat demam, suhu tubuh akan meningkat. Hal ini menyebabkan tubuh berkeringat dalam upaya untuk mendinginkan. Namun banyaknya keringat yang keluar membuat tubuh kekurangan cairan yang berdampak pada dehidrasi. Untuk itu, penuhi cairan tubuh saat anak demam. Caranya adalah dengan minum banyak air, jus buah, teh, dan mengonsumsi sup sayuran.

2. Istirahat Cukup

Demam adalah reaksi tubuh saat melawan virus dan penyakit yang datang. Kurangilah aktivitas anak dan beri mereka istirahat cukup. Bila anak sulit tidur, jangan lakukan aktivitas berat yang membutuhkan banyak tenaga. Bersantai sambil menonton tv juga bisa dilakukan.

3. Konsumsi Obat Herbal

Obat herbal biasa menjadi pengobatan alternatif atau tradisional untuk melawan berbagai penyakit. Untuk atasi demam, olah daun kelor menjadi sayur bening dan berikan pada anak. Daun kelor mengandung vitamin, mineral, antioksidan, dan agen antibakteri.

4. Dinginkan Tubuh

Daripada membalut tubuh dengan jaket berlapis dan selimut, biarkan tubuh mengenakan pakaian berbahan sejuk dan tidur tanpa selimut. Suhu ruangan dapat membantu suhu tinggi pada tubuh menurun. Untuk memberi hawa sejuk pada ruangan bisa dengan menyalakan kipas angin atau AC pada suhu 20 sampai 25 derajat. Selain itu, hindari mandi dengan air dingin. Air dingin dapat membuat tubuh menghangat dan semakin meningkatkan demam.

Saat anak demam, tetap tenang dan tangani tanpa rasa panik. Sebagian besar demam akan sembuh dengan sendirinya. Bila demam tidak membaik, segera temui dokter.

Penulis : Mufiidaanaiilaa A.S

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading