Sukses

Health

Terserang Flu Selama Musim Hujan? Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Mempercepat Pemulihan

Fimela.com, Jakarta Selama pancaroba dan musim hujan banyak orang lebih mudah terserang penyakit. Hal ini dikarenakan perubahan suhu yang mendukung perkembang biakan virus menjadi kuat. Penyakit yang biasanya dialami adalah flu. Saat terserang flu, gejala yang dirasakan antara lain demam, sakit tenggorokan, batuk, hidung tersumbat atau pilek, dan nyeri tubuh.

Untuk pemulihan dari flu sebaiknya istirahat cukup dan mengonsumsi obat rekomendasi dokter. Namun tak hanya itu, beberapa makanan juga dapat membantu mempercepat pemulihan lho. Melansir dari Everyday Health penelitian menunjukkan beberapa makanan dan minuman dapat membantu menyembuhkan atau menghambat gejala flu. Apa saja makanan tersebut?

1. Sup Kaldu Ayam

Gejala flu seperti demam, diare, hingga muntah dapat membuat tubuh kehilangan cairan yang berdampak pada dehidrasi. Cara terbaik untuk menangani tubuh yang kekurangan cairan adalah dengan menghidrasi tubuh melalui makanan dan minuman, salah satunya sup kaldu ayam. Studi menemukan bahwa bahan-bahan yang diolah bersama menjadi sup ayam dapat mengurangi peradangan dan mendukung sistem kekebalan tubuh saat melawan infeksi influenza. Mengonsumsi sup kaldu ayam selagi hangat akan memberi manfaat lebih. Suhu panas dari makanan dapat mendorong air liur dan sekresi lendir saluran napas untuk melumasi dan menenangkan saluran udara bagian atas.

2. Bawang Putih

Bawang putih terkenal sebagai obat tradisional di berbagai negara. Beberapa budaya kuno menggunakan bawang putih untuk mengobati masalah pernapasan dan pencernaan. Sedangkan saat ini beberapa penelitian menunjukkan bawang putih berguna dalam membantu melawan flu. Bawang putih terbukti mampu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh sehingga berdampak pada penurunan gejala flu.

3. Buah dan Sayuran yang Mengandung Vitamin C

Vitamin C adalah antioksidan kuat yang memainkan peran penting dalam memerangi infeksi. Beberapa penelitian menunjukkan vitamin C dapat membantu mengurangi keparahan flu dan mempercepat masa pemulihan.

Beberapa buah dan sayur yang mengandung vitamin C:

  • Kiwi
  • Kentang
  • Brokoli
  • Stroberi
  • Tomat
  • Blewah

4. Teh

Menikmati teh panas dengan madu adalah salah satu cara ampun untuk meredakan flu. Minuman hangat ini mampu menenangkan tenggorokan yang sakit dan uap panasnya dapat membantu meredakan hidung tersumbat. Teh mengandung sekelompok antioksidan yaitu polifenol yang menurut penelitian mampu melindungi tubuh dari penyakit kronis. Pada teh hijau mengandung polifenol yang disebut katekin. Katekin sendiri berfungsi untuk membantu mengendalikan sistem kekebalan tubuh.

5. Rempah-rempah

Rempah-rempah seperti kunyit dan jahe terbukti mampu meredakan flu. Penelitian menemukan bahwa ekstrak jahe menawarkan sifat antimikroba, sementara kurkumin yaitu senyawa alami dalam kunyit memiliki efek antioksidan dan anti-inflamasi. Senyawa inilah yang bermanfaat dalam penyembuhan flu termasuk membunuh virus dan bakteri jahat. Campurkan kunyit atau jahe pada teh dan konsumsi secukupnya.

Makanan sehat dan bergizi adalah pilihan terbaik untuk memenuhi nutrisi dan cairan yang diperlukan tubuh. Saat terserang flu, istirahat cukup dan konsumsi makanan sehat akan membantu pemulihan. Bila flu tidak membaik segeralah hubungi dokter.

Penulis: Mufiidaanaiilaa Alifah S.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading