Sukses

Health

Benarkah Kopi Membuatmu Lebih Sering Buang Air Kecil? Ini Kata Ahli Urologi

Fimela.com, Jakarta Ternyata, benar bahwa kopi bisa membuat seseorang lebih sering buang air kecil, daripada jenis minuman lainnya. Alasannya adalah bahwa kopi, walaupun memang sebagian besar terdiri dari air, memiliki bahan aktif, kafein.

Kafein membuat tubuh memproduksi lebih banyak urin. Memang, kafein adalah stimulan, yang termasuk dalam kategori obat, yang dikenal sebagai diuretik dan secangkir kopi standar mengandung sejumlah besar zat tersebut.

Diuretik adalah kelas obat yang meningkatkan aliran urin dengan mengeluarkan natrium dan klorida dari tubuh. Natrium dan klorida, pada gilirannya akan menarik kelebihan air dari tubuh dan ini muncul sebagai peningkatan volume urin.

Mengapa minum kopi membuat sering buang air kecil?

Dengan kata lain, kafein menghambat reabsorpsi natrium di dalam tubuh dan akibatnya buang air kecil lebih banyak. Selain itu, sifat stimulan kafein juga dianggap mengiritasi kandung kemih, menyebabkannya berkontraksi dan karena kandung kemih sudah penuh karena efek diuretik, kontraksi ini menciptakan rasa urgensi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading