Sukses

Health

Jangan Disepelekan! Ini 5 Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin A

Fimela.com, Jakarta Vitamin A adalah vitamin yang larut dalam lemak dan penting untuk banyak fungsi tubuh. Ia berperan dalam penglihatan yang bagus, sistem kekebalan tubuh, reproduksi, hingga kesehatan kulit. Melansir dari Health Line, ada dua jenis vitamin A yang dapat ditemukan dari makanan yaitu preformed vitamin A pada daging, ikan, telur dan produk susu, serta provitamin A pada makanan nabati seperti buah dan sayuran. 

Di negara maju, jarang terdapat kasus orang yang kekurangan vitamin A. Namun sayangnya, pada negara berkembang kasus ini banyak ditemukan. Orang yang paling berisiko mengalami kekurangan vitamin A adalah perempuan hamil, menyusui, bayi dan anak-anak. Lalu apa saja tanda-tanda seseorang mengalami kekurangan vitamin A?

1. Kulit Kering

Vitamin A penting untuk pembentukan dan perbaikan sel-sel kulit serta membantu menyembuhkan masalah kulit tertentu. Tidak mendapatkan cukup vitamin A mungkin menjadi penyebab timbulnya eksim dan masalah kulit lainnya. Beberapa studi menunjukkan alitretinoin sebagai obat resep yang mengandung vitamin A efektif dalam mengobati eksim. Perlu diingat bahwa kulit kering dapat memiliki banyak penyebab, tetapi kekurangan vitamin A kronis mungkin menjadi alasannya.

2. Mata Kering

Masalah mata adalah masalah yang terkenal berkaitan dengan kekurangan vitamin A. Dalam kasus ekstrem, tidak mendapatkan cukup vitamin A dapat menyebabkan kebutaan total atau kerusakan kornea. Mata kering, atau ketidakmampuan untuk menghasilkan air mata, adalah salah satu tanda pertama kekurangan vitamin A. Studi menemukan bahwa vitamin A dosis tinggi menurunkan prevalensi mata kering sebesar 63 persen.

3. Infertilitas dan Sulit Hamil

Vitamin A diperlukan untuk reproduksi pada pria dan perempuan serta mendukung perkembangan bayi dalam janin. Jika kekurangan asupan vitamin A, hal ini bisa berpengaruh pada kemandulan baik pada pria maupun perempuan. Tak hanya itu, kekurangan vitamin A juga berhubungan dengan keguguran. Hal ini dibuktikan pada penelitian yang menemukan kadar vitamin A yang rendah perempuan yang mengalami keguguran.

4. Penyembuhan Luka yang Buruk

Luka yang tidak sembuh dengan baik setelah cedera atau operasi mungkin diakibatkan oleh kadar vitamin A dalam tubuh yang rendah. Hal ini disebabkan karena vitamin A dapat membantu pembentukan kolagen sebagai komponen penting dari kulit yang sehat. Penelitian menunjukkan bahwa vitamin A oral dan topikal dapat memperkuat kulit.

5. Jerawat dan Breakout

Vitamin A yang mampu meningkatkan perkembangan kulit dan melawan peradangan juga berfungsi untuk membantu, mencegah, dan mengobati jerawat. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ada kaitan antara kadar vitamin A yang rendah dengan timbulnya jerawat. 

Vitamin A memang memberi banyak manfaat baik dan sangat dibutuhkan tubuh. Namun perlu diingat, terlalu banyak mengonsumsi vitamin A juga dapat memberi efek samping seperti keracunan, pembengkakan tulang, sariawan, dan lainnya.

Penulis: Mufiidaanaiilaa Alifah S.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading