Sukses

Health

5 Penyebab Utama Rambut Beruban di Usia Muda

Fimela.com, Jakarta Saat ini tidak sedikit kita temui seseorang dengan usia muda tapi rambutnya sudah beruban. Rambut beruban adalah rambut yang tumbuh dengan warna putih. Banyak yang mengatakan jika rambut beruban erat kaitannya dengan usia lanjut dan penuaan. Padahal nih Sahabat Fimela, ada banyak hal yang menyebabkan rambut beruban selain penuaan. 

Mengutip dari laman healthline.com, berikut beberapa penyebab rambut beruban di usia muda. 

Stres

Studi menemukan jika rambut beruban bisa disebabkan oleh stres atau kecemasan. Studi dari Nature Medicine (2013) menemukan jika stres memiliki hubungan erat dengan rambut beruban dan masalah kesehatan lain pada tubuh. Stres bisa menyebabkan ketidakseimbangan reaksi radikal bebas dengan antioksidan. Inilah yang kemudian menyebabkan kerusakan pada sel-sel rambut dan munculnya uban. 

Gangguan Kelenjar Tiroid

Penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of clinical endocrinology and metabolism menyebutkan jika penurunan hormon tiroid bisa jadi penyebab uban. Kelenjar tiroid yang terlalu sedikit bisa menyebabkan tubuh memproduksi melanin (penentu warna rambut) lebih sedikit. Inilah yang akhirnya menyebabkan munculnya uban di usia yang masih sangat muda.

Genetik

Rambut beruban di usia muda juga bisa disebabkan oleh genetik. Orang tua yang berisiko memiliki rambut beruban di usia muda, sangat mungkin melahirkan anak yang juga memiliki rambut putih di usia muda.

Merokok

Sejumlah studi menemukan jika orang yang merokok lebih rentan mengalami rambut beruban di usia muda. Efek dari merokok pada tubuh memicu peningkatan stres oksidatif pada melanosit folikel rambut. Merokok juga bisa menyebabkan penyempitan pembuluh darah yang mengganggu aliran darah ke rambut. Hal ini bisa meningkatkan berbagai risiko rambut termasuk rambut beruban.

Konsumsi Obat-obatan Tertentu

Para ahli menemukan jika konsumsi obat-obatan tertentu juga bisa meningkatkan risiko rambut beruban di usia muda. Penelitian dalam Lupus (2009) menemukan obat jenis klorokuin secara signifikan mengurangi produksi melanin rambut. Kandungan obat dalam pengobatan kemoterapi dan malaria bisa menurunkan produksi melanin dan membuat rambut memutih. 

Itulah sekian penyebab utama kenapa rambut beruban di usia muda. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading