Sukses

Health

5 Cara Efektif Mencegah Risiko Diabetes Sejak Dini

Fimela.com, Jakarta Diabetes merupakan salah satu penyakit yang menyerang jutaan orang di dunia. Diabetes yang tak terkontrol dengan baik, bisa meningkatkan berbagai masalah kesehatan lain yang lebih serius. Antaranya masalah jantung, gagal ginjal, kerusakan hati dan masih banyak lagi. Diabetes bahkan bisa meningkatkan risiko kematian di usia muda. 

Mengutip dari laman healthline.com, risiko diabetes bisa disebabkan oleh beragam hal. Tapi bagi orang-orang dengan riwayat keluarga pengidap diabetes, risikonya jauh lebih tinggi dibandingkan orang lainnya. Meski begitu, ada beberapa cara efektif yang bisa kita lakukan untuk mencegah risiko diabetes. Cara efektif tersebut antara lain sebagai berikut:

Perbanyak Aktivitas Fisik

Cara pertama adalah perbanyak aktivitas fisik. Aktivitas fisik seperti mengerjakan pekerjaan rumah dan olahraga atau aktivitas yang membuat tubuh bergerak aktif, bisa mencegah risiko diabetes. Ini juga bisa mencegah berbagai risiko masalah kesehatan lain. Ini bahkan membantumu memiliki berat badan ideal.

Perbanyak Konsumsi Makanan Berserat

Sebaiknya perbanyak konsumsi makanan berserat. Makanan berserat bisa bantu menyehatkan sistem pencernaan, mengendalikan berat badan dan memungkinkan tubuh lebih sehat. Makanan yang berserat membantu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Ini kemudian mencegah kita dari risiko diabetes sejak dini.

Kontrol Berat Badan

Mengontrol berat badan adalah cara efektif untuk memiliki tubuh lebih sehat. Ini juga efektif mencegah berbagai risiko penyakit menyerang tubuh. Salah satu penyakit yang bisa dicegah dengan kontrol berat badan adalah diabetes.

Miliki Pola Makan Sehat

Usahakan untuk memiliki pola makan yang sehat. Makan makanan yang bernutrisi tinggi dan seimbang. Hindari kebiasaan telat makan atau pola makan yang kurang baik. Batasi asupan gula, makanan berlemak dan berkolesterol tinggi. Hindari juga segala jenis minuman beralkohol, bersoda dan berkafein tinggi. Hentikan juga kebiasaan buruk merokok.

Cukupi Kebutuhan Air Putih

Pastikan untuk mencukupi kebutuhan air putih setiap harinya. Orang dewasa memerlukan asupan air sebanyak 7 - 8 gelas perhari. Kebutuhan ini bisa lebih banyak atau sedikit tergantung dengan aktivitas sehari-hari dan keluarnya cairan dari dalam tubuh. 

Itulah beberapa cara efektif untuk mencegah risiko diabetes sejak dini. Cara efektif lain yang bisa dilakukan adalah istirahat cukup, kelola stres dengan baik dan periksakan kondisi kesehatan secara berkala. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading