Sukses

Health

10 Makanan yang Penting Dihindari Selama Kehamilan

Fimela.com, Jakarta Kehamilan merupakan momen yang sangat mengesankan buat setiap perempuan. Di momen ini, perempuan diwajibkan untuk lebih hati-hati dan bijak dalam menjalani kehamilannya. Termasuk lebih bijak dalam memilih aneka makanan untuk dikonsumsi sehari-hari.

Mengutip dari laman healthline.com, ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari selama kehamilan. Karena dikhawatirkan makanan ini bisa meningkatkan berbagai masalah kehamilan. Apa saja makanan yang penting dihindari selama kehamilan? Simak yang berikut ini. 

1. Ikan Mengandung Merkuri

Makanan pertama yang penting dihindari adalah ikan dengan kandungan merkuri. Ikan jenis ini bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan Mom pun janin. Adapun ikan dengan kandungan merkuri tinggi antaranya ikan hiu, ikan tengiri, ikan tuna dan ikan marlin.

2. Kerang-Kerangan

Para ahli percaya jika kerang-kerangan mengandung zat kimia yang cukup berbahaya buat kehamilan. Bahaya kerang-kerangan akan semakin tinggi jika ia dikonsumsi dalam keadaan mentah.

3. Telur Mentah

Siapa yang hobi makan telur mentah atau setengah matang? Saat hamil, sebaiknya hindari konsumsi telur mentah atau yang belum dimasak hingga matang. Telur mentah dikhawatirkan mengandung bakteri salmonela yang berbahaya untuk janin pun Mom. 

4. Susu Segar yang Tidak Dipasteurisasi

Susu segar memang menyehatkan. Namun, susu segar yang tidak dipasteurisasi dengan baik penting dihindari. Kandungan bakteri dalam susu ini dikhawatirkan berbahay buat kehamilan.

5. Buah dan Sayur Mentah dan Tidak Dicuci Bersih

Buah dan sayur adalah makanan yang penting dikonsumsi selama kehamilan. Tapi, jika buah dan sayur tidak dicuci bersih, ini bisa sangat berbahaya buat kehamilan. Sisa pestisida dalam buah dan sayur bisa mengancam tumbuh kembang janin. Sayuran mentah juga dikhawatirkan mengandung berbagai bakteri yang mengganggu kesehatan. 

6. Pepaya Muda

Ibu hamil disarankan untuk menghindari pepaya muda. Kandungan zat dalam pepaya muda dikatakan bisa meningkatkan risiko keguguran. Apalagi jika pepaya muda dikonsumsi pada kehamilan trimester pertama.

7. Buah Nanas

Buah nanas juga termasuk buah yang sebaiknya dihindari selama kehamilan. Buah nanas apalagi nanas muda dikhawatirkan bisa menyebabkan keguguran dan masalahb kehamilan lainnya.

8. Kafein Berlebih

Kafein berlebih pada kopi dan teh sebaiknya juga dihindari selama kehamilan. Kafein bisa menyerap nutrisi yang dibutuhkan oleh janin sehingga ini bisa mengganggu tumbuh kembang janin.

9. Makanan Manis

Makanan manis sebaiknya juga dikurangi selama kehamilan. Konsumsi makanan manis berlebih bisa meningkatkan risiko obesitas dan diabetes bagi Mom maupun janin di kandungan. 

10. Daging Mentah atau Setengah Matang

Daging mentah atau yang dimasak setengah matang juga sebaiknya dihindari selama kehamilan. Makanan ini dipercaya bisa meningkatkan berbagai masalah kehamilan bahkan risiko keguguran jika dikonsumsi secara berlebih dan terus menerus. 

Itulah beberapa makanan yang sebaiknya dihindari selama kehamilan. Semoga informasi ini bermanfaat. 

#WomenForWomen

Loading