Sukses

Health

5 Cara Alami Atasi Rasa Lelah saat Masa Kehamilan

Fimela.com, Jakarta Merasa tubuh sangat lelah adalah hal normal bagi perempuan hamil selama trimester pertama dan ketiga. Hal ini terjadi karena hormon kehamilan langsung memengaruhi tubuh, suasana hati, metabolisme, otak, penampilan fisik, dan pola tidur. Walaupun mengganggu aktivitas, rasa lelah saat hamil justru adalah pertanda baik karena menunjukkan bahwa hormon kehamilan sedang bekerja keras untuk membantu janin tumbuh.

Munculnya rasa lelah diakibatkan banyak hal, seperti morning sickness, peningkatan kadar hormon progesteron yang menyebabkan kantuk, beban ekstra dari berat badan janin, dan detak jantung yang lebih kencang. Ada langkah sederhana untuk meningkatkan energi untuk memerangi kelelahan saat hamil. Melansir dari Motherly, berikut penjelasannya.

1. Jaga Kamar Tidur Tetap Gelap, Bersih, dan Dingin

Kamar yang gelap, bersih, dan dingin atau sejuk berguna untuk menciptakan suasana tepat untuk istirahat yang optimal. Selain itu, tutup jendela kamar dengan tirai anti tembus pandang, matikan alarm serta lampu agar mom bisa tidur nyenyak. Kamar yang panas dan pencahayaan terlalu terang akan merangsang tubuh untuk tetap terjaga sehingga mom sulit beristirahat. Istirahat cukup dengan kualitas tidur yang baik akan membuat tubuh lebih berenergi.

2. Makan dalam Porsi Kecil namun Sering

Saat hamil, tubuh memproses makanan dengan cara yang berbeda. Bila mom mengonsumsi makanan dalam porsi besar dalam satu kali makan maka kandungan glukosa ekstra yang diserap tubuh akan membuat tubuh lelah atau bahkan pusing. Untuk itu, cobalah untuk makan dalam porsi kecil namun sering. Selain itu, jaga asupan makanan dengan menambahkan makanan yang tinggi protein dan nutrisi. Minum cukup air agar tubuh tetap terhidrasi.

3. Bergerak

Olahraga adalah cara lain untuk melawan rasa lelah saat hamil. Endorfin atau perasaan baik yang dilepaskan saat berolahraga dapat membantu meningkatkan energi, mengalihkan pikiran agar tidak fokus pada rasa lelah, dan meningkatkan kualitas tidur. Olahraga yang dapat dicoba seperti jalan cepat, yoga, atau latihan aerobik lainnya. 

4. Batasi Konsumsi Kafein

Mengonsumsi kafein akan membuat tubuh terjaga dan sulit tidur yang berpengaruh pada kualitas tidur yang menurun. Kafein juga dapat membuat bayi aktif seperti menendang dan berguling yang mungkin membuat mom semakin sulit tidur. Ahli merekomendasikan perempuan hamil membatasi asupan kafein menjadi  kurang dari 200 miligram per hari. 

5. Relaksasi

Manjakan diri dan bersantai agar tubuh menjadi rileks. Mom bisa lakukan dengan mandi air hangat, menerima pijatan, mengenakan pakaian yang nyaman dan lembut, dan menghirup aroma terapi yang menenangkan. Tubuh yang rileks akan membuat mom lebih mudah beristirahat dengan nyaman dan mengurangi rasa lelah yang dirasakan. Minta bantuan suami atau keluarga bila kesulitan melakukan aktivitas.

Kehamilan bisa menjadi hal yang melelahkan secara fisik maupun emosional. Namun ingat, dirimu tidak sendirian. Temui dokter bila mengalami kelelahan terus-menerus untuk bantuan dari ahli.

Penulis: Mufiidaanaiilaa Alifah S.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading