Sukses

Health

Jogging dan Lari, Aktivitas Serupa yang Berbeda Manfaatnya

Fimela.com, Jakarta Tak sedikit dari kita yang menganggap jogging dan lari adalah aktivitas sama atau serupa. Namun perlu kita tahu Sahabat Fimela, kedua aktivitas ini merupakan dua hal yang berbeda antara satu dengan lainnya. Mengutip dari laman bustle.com, ada beberapa hal yang membuat jogging dan lari dikatakan sebagai aktivitas berbeda.

Apa Perbedaan Jogging dan Lari?

Mengutip dari laman bkombandung.kemkes.go.id, jogging adalah gerakan melangkah sambil mengayunkan kaki ke depan secara bergantian. Saat jogging, salah satu kaki berada di udara dan kaki lainnya di tanah. Untuk kecepatan jogging antara 5 - 6 km per jam. 

Sedangkan lari, ini merupakan gerakan mengayunkan kaki ke depa secara bergantian. Dalam gerakan ini, ada fase di mana kedua kaki sama-sama berada di udara. Dibandingkan dengan jogging, lari memiliki kecepatan yang lebih besar yakni di atas 8 km per jam.

Mana yang Lebih Baik untuk Kesehatan?

Pada dasarnya, jogging dan lari sama-sama bermanfaat baik untuk kesehatan. Orang yang melakuan aktivitas jogging atau lari secara rutin bisa memiliki daya tahan tubuh lebih baik. Ini memungkinkan seseorang memiliki berat badan yang lebih ideal, otot tubuh yang lebih kuat dan aliran darah yang lebih baik. 

Meski keduanya sama-sama baik, penelitian menyebutkan jika jogging dinilai lebih baik untuk kesehatan. Ini mengingat bahwa jogging biasanya dilakukan secara rutin dan santai. Saat tubuh rutin melakukan aktivitas fisik dan didukung pikiran yang lebih bahagia, ini bisa membuat tubuh secara keseluruhan lebih sehat.

Sebuah studi pada tahun 2015 yang dipublikasikan di Journal of American College of Cardiology, menyebutkan jika orang-orang yang terbiasa jogging lebih mungkin membuat umur kita lebih panjang. Studi menemukan jika orang yang memiliki intensitas jogging sedang berisik rendah mengalami kematian di usia muda. Penelitian juga menemukan jika jogging memungkinkan seseorang memiliki psikis yang lebih terjaga. Mereka juga sangat mungkin mengelola stres dengan lebih baik. 

Yuk Sahabat Fimela, jangan malas untuk jogging untuk hidup yang lebih sehat. Jika pun tak bisa melakukannya setiap hari, setidaknya kamu dan keluarga melakukan setiap dua kali atau satu di setiap minggunya. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

What's On Fimela
Loading