Sukses

Health

5 Penyebab Sembelit yang Sering Terjadi Namun Jarang Disadari

Fimela.com, Jakarta Sembelit atau konstipasi merupakan masalah kesehatan di mana gejala paling umumnya adalah susah buang air besar (BAB). Mengutip dari laman healthline.com, sembelit terjadi karena penurunan aktivitas usus. 

Sembelit merupakan masalah kesehatan yang sangat sering terjadi. Ini juga bisa sembuh dengan sendirinya. Meski begitu, sembelit tidak boleh diremehkan atau disepelekan begitu saja. Dalam beberapa kasus, sembelit bisa menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius. 

Ada beberapa penyebab kenapa seseorang mengalami sembelit. Berikut beberapa penyebab sembelit yang sering terjadi namun jarang disadari.

Jarang Bergerak

Kurangnya aktivitas fisik bisa memicu sembelit. Orang yang jarang bergerak, banyak duduk dan tiduran, akan lebih berisiko mengalami sembelit dibandingkan orang yang memiliki aktivitas fisik cukup padat. Saat tubuh jarang bergerak, usus pun akan jarang bergerak. Ini menyebabkan usus bekerja secara kurang maksimal dan memicu sembelit.

Kehamilan

Studi menemukan jika kehamilan bisa meningkatkan risiko sembelit. Perempuan yang sedang hamil lebih besar berisiko mengalami sembeli jika dibandingkan perempuan yang tidak hamil. Sembelit selama kehamilan dipicu oleh perubahan hormon progesteron dalam tubuh yang memicu melambatnya kinerja usus atau sistem pencerna

Pola Makan yang Buruk

Kurangnya asupan serta bisa meningkatkan risiko sembelit. Serat banyak terkandung dalam sayuran dan buah-buahan. Untuk mengatasi sembelit, perbaiki lagi pola hidup dan cukupi kebutuhan serat dalam tubuh. Serat berperan penting dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Konsumsi Obat-obatan Tertentu

Konsumsi obat-obatan tertentu adalah penyebab sembelit selanjutnya. Beberapa obat yang bisa meningkatkan sembelit antaranya obat antidepresan, anti kejang, antasida, obat pereda nyeri dan suplemen zat besi.

Stres

Suasana hati yang buruk dan stres bahkan depresi bisa menyebabkan sembelit. Stres akan memperburuk kesehatan fisik secara menyeluruh termasuk kesehatan sistem pencernaan. 

Itulah sekian penyebab sembelit yang paling sering terjadi namun jarang disadari. Semoga informasi ini bermanfaat. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading