Sukses

Health

Celine Dion Didiagnosis Penyakit Langka Stiff Person Syndrome, Ini yang Harus Diketahui

Fimela.com, Jakarta Celine Dion harus membatalkan serangkaian pertunjukan setelah didiagnosis menderita penyakit saraf yang langka. Dalam video yang dibagikannya lewat akun Instagram pribadinya, Celine Dion menjelaskan bahwa ia sedang menghadapi masalah kesehatan untuk waktu yang lama.

Celine Dion menceritakan bahwa ia menderita kejang yang menyakitkan, memengaruhi kehidupan sehari-harinya. Apa itu Stiff Person Syndrome?

Stiff Person Syndrome atau SPS adalah kondisi neurologis dan neuromuskuler langka yang menyebabkan kekakuan otot progresif dan kejang yang menyakitkan. SPS bisa dipicu oleh berbagai hal termasuk gerakan tiba-tiba, suhu dingin, atau suara keras yang tidak terduga.

Penyebabnya belum diketahui, namun penelitian menunjukkan bahwa SPS adalah hasil dari respons autoimun yang salah di otak dan sumsum tulang belakang. SPS sering dikaitkan dengan penyakit autoimun lain, seperti diabetes, tiroiditis, vitiligo, dan anemia pernisiosa.

 

Celine Dion didiagnosis penyakit langka

Diagnosis SPS bisa didapatkan melalui tes darah, pungsi lumbal, dan elektromiografi. Menurut Stiff Person Syndrome Research Foundation, pasien bisa menjadi cacat atau terbaring di tempat tidur, tidak bisa bekerja, dan merawat diri sendiri.

Karena gejala awalnya, SPS sering disalahartikan sebagai Multiple Sclerosis, Parkinson, Fibromyalgia, penyakit psikosomatis, kecemasan, fobia, dan penyakit autoimun lainnya. Perawatan untuk SPS bisa sulit dan walaupun saat ini masih belum bisa disembuhkan, kondisi iini bisa dikelola dengan berbagai obat dan terapi.

Orang dengan SPS cenderung merespons diazepam dosis tinggi dan beberapa antikonvulsan, seperti gabapentin dan tiagabine. Valium juga bisa efektif karena merupakan pelemas otot.

Terapi fisik bisa menjadi tambahan yang bagus untuk obat-obatan, walaupun seseorang dengan SPS harus sangat berhati-hati dengan jenis terapi fisik. Celine Dion mengumumkan harus menunda serangkaian jadwal tur hingga tahun 2024.

Loading