Sukses

Health

Dokter: Perbedaan Penting antara Flu dan COVID

Fimela.com, Jakarta Sampai sekarang mungkin masih ada yang kesulitan membedakan antara flu dengan COVID. Apakah kamu salah satunya?

Keduanya semakin membingungkan karena fakta bahwa gejala Omicron tampak sangat mirip dengan flu biasa. Ada lima gejala utama Omicron, yaitu sakit kepala, sakit tenggorokan, pilek, kelelahan, dan bersin.

Dalam sebuah wawancara dengan Women's Health, Profesor Tim Spector, salah satu pendiri aplikasi Zoe Covid Study menambahkan beberapa gejala yang bisa menandakan infeksi COVID, yaitu demam, batuk, dan kehilangan indra penciuman. Sedangkan gejala flu meliputi tubuh yang sakit, suhu tinggi tiba-tiba, merasa lelah, batuk kering, sakit tenggorokan, sakit kepala, kesulitan tidur, kehilangan selera makan, diare atau sakit perut, dan merasa sakit.

 

Perbedaan antara COVID dan flu

Jelas, ada beberapa gejala persilangan antara Omicron dan flu, termasuk sakit kepala, sakit tenggorokan, dan merasa lelah. Jadi, bagaimana caranya membedakan antara flu dan COVID?

Menurut Dr Roger Henderson, ahli GP dan Olbas terkemuka, baik COVID dan flu bisa memiliki berbagai tingkat gejala, mulai dari tanpa gejala hingga gejala yang parah. Tidak seperti pilek, gejala flu muncul tiba-tiba dan lebih parah, biasanya suhu tinggi, kelelahan ekstrem, dan rasa sakit atau nyeri yang meluas secara signifikan, mungkin juga ada batuk kering dan sakit tenggorokan.

Gejala COVID sangat bervariasi, mulai dari tidak ada sama sekali, hingga fatal. Tapi ada tiga besar gejala yang harus diwaspadai, yaitu suhu 37,8 derajat Celcius atau lebih, batuk kering, dan hilangnya indra perasa dan penciuman, mungkin juga ada sesak napas dan kelelahan.

Flu membuat seseorang mungkin mengalami gejala mulai dari satu sampai empat hari setelah terinfeksi, sedangkan COVID, seseorang mungkin mengalami gejala mulai dari dua, lima, hingga 14 hari setelah terinfeksi. Walaupun COVID dan flu menyebar dengan cara yang sama, terutama oleh partikel virus yang dikeluarkan saat orang dengan penyakit ini batuk, bersin, atau bicara, secara umum, COVID lebih menular daripada virus flu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading