Sukses

Peringatan Konten!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

Verifikasi UmurStop di Sini

Health

Studi: Berhubungan Intim Bantu Tidur Makin Nyenyak dan Berkualitas

Fimela.com, Jakarta Bagi pasangan suami istri, berhubungan intim bukan hanya untuk kesenangan semata. Ini memberikan banyak manfaat buat kesehatan dan kelangsungan hubungan keduanya. Berhubungan intim secara rutin dengan kualitas yang mengesankan, bisa bantu kedua pasangan merasa lebih dekat secara fisik pun psikis. Keduanya juga bisa merasa lebih tenang, nyaman dan bahagia dengan hubungan yang dijalani. 

Mengutip dari laman healthline.com, hubungan intim memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Ini mulai dari mencegah stres, menyehatkan jantung hingga bantu tidur makin nyenyak saat malam.

Manfaat Berhubungan Intim

Ada banyak manfaat dari hubungan intim bagi pasangan suami istri yang melakukannya. Adapun manfaat dari hubungan intim tersebut antara lain sebagai berikut: 

  • Membangun ikatan emosional. Pasangan yang memiliki hubungan intim berkualitas, akan merasa saling terhubungan secara emosional satu sama lain. Keduanya akan merasa saling menyayangi dan mencintai dengan setulus hati. 
  • Hubungan intim bisa menyehatkan jantung. 
  • Meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh.
  • Berhubungan intim secara rutin setidaknya 2 sampai 3 kali dalam seminggu bisa bantu meredakan stres. 
  • Membuat kesehatan dan kecantikan kulit makin terjaga. Ini karena tubuh melepaskan hormon stres saat berhubungan intim. Saat hormon stres dilepaskan, risiko kulit bermasalah akan berkurang.
  • Rasa sakit akan berkurang dengan melakukan hubungan intim. 
  • Studi menemukan jika hubungan intim antara suami dan istri secara menyenangkan, akan membantu keduanya merasa lebih bahagia. Perasaan bahagia bisa meningkatkan peluang panjang umur. 
  • Bantu pasangan memiliki tidur yang lebih nyenyak dan berkualitas. 
  • Mencegah risiko depresi dan masalah mental lainnya. 

Tidur Makin Nyenyak Setelah Berhubungan Intim

Bagaimana bisa hubungan intim membuat tidur kita lebih nyenyak? 

Penelitian menemukan jika aktivitas hubungan intim bisa melepaskan hormon stres. Ini juga melemaskan otot-otot tubuh. Orgasme karena berhubungan intim, bisa membuat pikiran terasa lebih tenang. Ini juga bisa bantu tubuh terasa lebih rileks. Saat pikiran tenang dan tubuh rileks, tidur pun akan terasa lebih nyenyak. Banyak pasangan yang mengaku bisa tidur pulas dan berkualitas setelah berhubungan intim. 

Mengutip dari laman everydayhealth.com, spesialis pengobatan tidur di JFK University Medical Center, Edison, New Jersey, Peter Polos mengatakan, "Setelah orgasme, terjadi pelepasan hormon yang bisa menyebabkan kantuk. Dua hormon utama itu adalah oksitosin dan prolaktin.” 

“Oksitosin adalah hormon cinta. Hormon ini membantu meningkatkan ikatan, kasih sayang, kenyamanan dan kesejahteraan secara keseluruhan. Ini bisa bantu seseorang tidur lebih baik.” Tambahnya. 

Itulah sekilas mengenai hubungan intim dan manfaatnya terutama dalam membantumu tidur lebih nyenyak. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading