Sukses

Health

Sikat Gigi Sebaiknya sebelum atau setelah Sarapan? Ini Penjelasan Dokter Gigi

Fimela.com, Jakarta Sikat gigi direkomendasikan dilakukan dua kali setiap hari. Sangat penting menjaga kebersihan mulut, salah satu caranya adalah memperhatikan kembali teknik sikat gigi.

Sikat gigi sebelum sarapan

Sebaiknya sikat gigi dilakukan sebelum atau setelah sarapan? Yang pertama adalah cara yang benar. Saat tidur, banyak bakteri masih menumpuk di mulut dan bisa membentuk plak. Jadi, saat bangun ada baiknya untuk menghilangkan semua penumpukan ini sebelum sarapan.

Menggunakan pasta gigi berfluorida yang baik

Pasta gigi berfluorida baik dalam jumlah seukuran kacang polong adalah yang kamu butuhkan. Orang dewasa harus menggunakan pasta gigi yang mengandung setidaknya 1.450 bagian per juta (ppm) fluorida.

Di malam hari, usahakan tidak membilas setelah sikat gigi untuk meninggalkan reservoir fluoride yang akan membantu remineralisasi email gigi dan mencegah gigi berlubang. Sedangkan di siang hari, setelah makan, gunakan obat kumur fluorida bebas alkohol untuk menjaga enamel tetap kuat.

Aturan 45 derajat

Tempatkan kepala sikat gigi pada gigi bawah, lalu miringkan bulunya ke sudut 45 derajat terhadap garis gusi. Coba dan pertahankan sudut di seluruh sikat yang memberikan daya ungkit lebih baik untuk menghilangkan plak dan kuman.

 

Gerakan melingkar kecil

Gerakkan sikat gigi secara melingkar kecil beberapa kali di atas permukaan setiap gigi. Sikat permukaan luar setiap gigi terlebih dahulu, lalu masuk dan lakukan permukaan oklusal dengan gerakan melingkar yang bagus di sekelilingnya.

Pindah ke gigi atas dan ulangi gerakan melingkar kecil pada gigi luar terlebih dahulu dengan menjaga bulu sikat miring terhadap garis gusi. Untuk membersihkan bagian dalam permukaan gigi depan, gunakan ujung sikat gigi secara vertikal dan lakukan beberapa gerakan kecil ke atas dan ke bawah dengan bagian depan sikat.

Selalu sikat lidah

Lidah membawa bakteri baik dan jahat, tapi letaknya dekat dengan bagian belakang tenggorokan berarti berpotensi menjadi sarang virus yang ada di area tersebut. Menyikat lidah membantu menyegarkan napas dan membersihkan mulut dari bakteri apapun, keluarkan lidah dan buat beberapa sapuan panjang di lidah untuk membersihkannya dengan baik.

Bersihkan dengan urutan yang benar

Mulailah dengan berkumur untuk mengaktifkan kelenjar ludah yang membantu melindungi gusi dari bakteri berbahaya. Lalu, gunakan benang untuk menghilangkan kotoran atau makanan yang terjepit di antara gigi. Terakhir, sikat dengan pasta gigi selama dua menit dan jangan berkumur.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading