Sukses

Health

4 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Bikin Kualitas Tidur Makin Baik

Fimela.com, Jakarta Tidur atau istirahat menjadi aktivitas yang penting dimiliki oleh setiap orang. Studi menemukan jika kualitas tidur yang baik, akan memberi banyak manfaat atau kebaikan untuk fisik pun psikis. Tidur yang berkualitas juga menjamin seseorang memiliki perasaan yang lebih bahagia ke depannya. Tapi sayangnya, aktivitas yang padat, aneka ragam masalah yang menghampiri, membuat kualitas tidur jadi berantakan. 

Lantas, bagaimana agar kualitas tidur tetap baik di tengah pekerjaan yang padat dan masalah yang datang silih berganti? Mengutip dari laman mayoclinic.org, ada beberapa kebiasaan sederhana yang bisa membantumu dapatkan kebiasaan tidur lebih baik. Beberapa aktivitas sederhana tersebut antara lain sebagai berikut:

Miliki Jadwal Tidur yang Rutin

Pastikan untuk memiliki jadwal tidur yang rutin setiap harinya. Jadwal tidur yang rutin akan membantumu terbiasa tidur di waktu sama. Ini memungkinkan tubuh merasa ngantuk di waktu sama setiap harinya. Biasakan untuk mulai tidur di jam 9 atau 10 malam dan bangun di jam 4 atau 5 pagi. Jadwal rutin memungkinkanmu dapatkan kualitas tidur yang lebih baik.

Miliki Ruang Tidur Senyaman Mungkin

Tempat tidur memiliki peran penting untuk kualitas tidurmu. Pastikan agar tempat tidurmu senyaman mungkin. Tempat tidur yang nyaman, akan membuat tidurmu juga makin nyaman. Redupkan lampu saat tidur, bersihkan dan rapikan kasur, serta semprot aroma wewangian sebelum tidur. Ini akan menciptakan suasana tidur yang makin nyaman.

Kelola Stres dengan Baik

Usahakan untuk mengelola stres dengan baik. Hindari berpikir berlebihan, khawatir atau cemas. Perasaan seperti ini akan membuatmu semakin susah tidur. Pikiran yang tenang, nyaman dan bahagia, akan membuat kualitas tidur semakin baik. Jadi, pastikan untuk mengelola stres dengan lebih baik ya.

Olahraga

Pastikan untuk memiliki olahraga cukup di sela aktivitasmu yang padat. Kamu juga perlu memiliki gerak tubuh cukup agar pikiran jadi lebih rileks. Olahraga memiliki peranan penting bagi kesehatan fisik pun psikis. 

Itulah sekian kebiasaan sederhana yang bisa membantumu memiliki tidur berkualitas. Selain kebiasaan di atas, kebiasaan lain yang tak kalah pentinga adalah menjaga pola makan dan pola hidup. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading