Sukses

Health

Waspada, Ini Gejala Kolesterol Tinggi yang Bisa Dilihat dari Kondisi Kaki

Fimela.com, Jakarta Perlu untuk kita ketahui, sebagian besar gejala kolesterol tak bergejala. Seseorang akan merasa sehat dan nyaman tanpa memiliki keluhan apapun. Sayangnya, tubuh yang seolah sehat ternyata tidak melulu sehat. Ia bisa mengalami kolesterol tinggi dan meningkatkan beragam risiko penyakit kardiovaskular. 

Para ahli mengungkapkan jika kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh, bisa meningkatkan risiko jantung dan stroke. Ini juga bisa memicu beragam masalah kesehatan lain yang menyebabkan kematian.

Kolesterol Jahat Meningkatkan Risiko Penyempitan Ateri

Mengutip dari laman healthline.com, kolesterol adalah zat lilin yang ditemukan dalam darah seseorang, yang diperlukan untuk membangun sel-sel sehat. Ada dua jenis kolesterol, yakni Low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol baik, dan High-density lipoprotein (HDL) atau kolesterol jahat. 

Keberadaan LDL adalah kolesterol 'jahat' yang berlebih, bisa membuat dinding arteri menyempit. Ini juga menghalangi darah mengalir dengan baik ke dalam tubuh hingga jantung. Menurut para ahli, penyempitan pembuluh darah dan penyumbatan, bisa menyebabkan berkurangnya aliran darah ke tubuh bagian bawah, terutama kaki. Ini menyebabkan kondisi yang disebut penyakit arteri perifer atau PAD, yang bisa sangat menyakitkan.

Gejala Kolesterol Tinggi di Kaki

Saat seseorang berpotensi mengalami kolesterol tinggi, ini bisa ditunjukkan dari kondisi kaki. Para ahli mengungkapkan, kaki yang sering kram dan terasa dingin, ini bisa mengindikasi adanya risiko kolesterol tinggi. 

Dokter Joseph Ambani, melalui Express.co.uk, mengatakan, “Kolesterol tinggi bisa bermanifestasi di kaki. Misalnya, seseorang mungkin merasa kram saat bergerak, tapi merasa lega dengan istirahat. Mereka juga merasa kedinginan di kaki. Apapun musimnya, tak peduli musim dingin pun musim panas.” 

Selain kram dan dingin, gejala kolesterol yang tinggi juga bisa dilihat dari kaki yang sering merasa kesemutan. Tungkai kaki yang terasa nyeri, juga bisa diindikasikan sebagai gejala awal kolesterol tinggi. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading