Sukses

Health

5 Cara Mudah Turunkan Kolesterol dengan Bahan Alami

Fimela.com, Jakarta Pada dasarnya tubuh membutuhkan kolesterol untuk tetap sehat. Akan tetapi kolesterol tidak boleh melebihi batas karena dapat mengganggu kesehatan dan menjadi akar dari berbagai penyakit.

Hampir setiap hari kita membutuhkan makanan untuk energi, tetapi jika tidak mengontrol pola makan dengan baik dapat mengakibatkan meningkatnya kadar kolesterol menjadi tinggi. Kolesterol yang tinggi biasanya disebabkan oleh makanan yang berlemak dan tidak sehat.

Tingginya kolesterol dalam tubuh dapat mengakibatkan penyumbatan pembuluh darah dan menimbulkan berbagai penyakit lainnya. Dilansir laman Harvard Health Publishing, ada pun makanan berbahan alami yang dapat menurunkan kadar kolesterol. 

1. Oat

Oat merupakan serealia yang dipercaya dapat menurunkan kolesterol. Oat sangat baik untuk kesehatan karena memiliki kandungan serat, protein, vitamin, dan mineral yang lebih tinggi. Kamu bisa memakan semangkuk oatmeal setiap sarapan pagi dan menambahkan buah-buahan seperti pisang atau stroberi.

2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung antioksidan, mineral, serat, dan vitamin yang dapat membantu menurunkan kolesterol tinggi. Kacang-kacangan sangat kaya serat larut sehingga membutuhkan waktu untuk dicerna tubuh. Tak heran jika kamu merasa kenyang lebih lama setelah makan kacang-kacangan. Kacang-kacangan juga menjadi makanan pilihan bagi orang yang ingin menurunkan berat badan.

3. Buah-buahan

Buah-buahan mengandung sumber vitamin yang paling baik. Tak hanya itu, Serat dalam buah dapat mengikat asam empedu sehingga menurunkan penyerapan lemak dan kolesterol dalam darah. Berikut sejumlah buah-buahan yang dapat menurunkan kadar kolesteriol yakni apel, stroberi, jeruk, alpukat, pisang, dan buah bit. Buah tersebut kaya akan pektin, sejenis serat larut yang menurunkan LDL (low-density lipoprotein).

4. Kedelai

Mengonsumsi kedelai atau makanan yang terbuat dari kedelai seperti tahu dan susu kedelai menjadi cara ampuh untuk menurunkan kolesterol. Analisis menunjukkan bahwa efeknya mengonsumsi 25 gram protein kedelai sehari dapat menurukan LDL (low-density lipoprotein) sebesar 5% hingga 6%.

5. Ikan Salmon

Dilansir Healthline.com, makan ikan salmon selama dua atau tiga kali dalam seminggu dapat menurunkan LDL (low-density lipoprotein). Ikan salmon juga memiliki lemak yang baik dan juga mengandung omega-3 yang dapat mengurangi trigliserida dalam aliran darah dan juga melindungi jantung. Akan tetapi, perlu diperhatikan juga proses pengolahan ikan salmon dan usahakan untuk tidak menggunakan minyak pada saat memasak ikan salmon. Hal ini bertujuan agar manfat dari ikan salmon tidak hilang.

 

*Penulis: Amelia Septika.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading