Sukses

Health

How To: 6 Cara Tepat Menggunakan Double Mask untuk Terhindari dari Virus dan Bakteri

Fimela.com, Jakarta Mengingat pandemi COVID-19 masih belum berakhir, pemerintah terus mendorong masyarakat untuk mengambil setiap tindakan pencegahan untuk melindungi diri dari virus tersebut. Dalam menghadapi situasi ini, pemerintah merekomendasi bentuk pencegahan terbaru yakni mengenakan dua masker.

Dilansir dari Mayo Clinic, double mask adalah mengenakan dua masker sekaligus. Menggunakan dua masker bertujuan untuk memberikan lapisan perlindungan tambahan terhadap virus.

Biasanya jenis masker yang digunakan adalah masker kain dan masker medis. Masker kain ditempatkan di atas masker medis sehingga lebih ketat dan perlindungan yang lebih rapat. Selain itu, menggunakan dua masker juga dapat membantu mengurangi jumlah udara yang keluar melalui tepi masker.

Namun, mengenakan dua masker tidak semudah hanya menempatkan satu di atas yang lain. Berikut adalah cara tepat mengenakan double mask dengan benar:

1. Cuci tangan terlebih dahulu

Dilansir dari Johns Hopkins Medicine, sebelum menggunakan dua masker, biasakan mencuci tangan terlebih dahulu atau menggunakan cairan antiseptik yang berbahan dasar alkohol.

2. Pilih masker yang tepat

Jenis masker untuk bagian dalam harus menggunakan masker bedah atau respirator N95. Jenis masker tersebut memiliki tingkat perlindungan yang cukup tinggi. Sedangkan, masker luar harus berupa masker kain yang memiliki dua lapisan kain.

3. Gunakan masker pertama untuk bagian dalam

Pasanglah masker medis atau respirator N95 terlebih dahulu. Pastikan menutupi bagian hidung dan mulut sepenuhnya serta pas di wajah. Cek kembali apakah ada celah atau kebocoran di sekitar tepinya.

4. Gunakan masker kedua untuk bagian luar

Selanjutnya, pasang masker kain di atas masker medis atau respirator N95. Pastikan masker kain menutupi tepi masker dalam sepenuhnya serta harus pas di wajah. Cek kembali apakah ada celah atau kebocoran di sekitar tepinya.

5. Pastikan kait masker tidak longgar

Pastikan masker nyaman dan tidak turun atau bergerak saat berbicara atau menggerakkan kepala.

6. Jangan menyentuh masker

Setelah masker sudah terpasang, jangan menyentuhnya lagi sampai siap melepasnya. Hal ini bertujuan agar virus dari tangan tidak menempel pada masker yang dipakai. 

Mengenakan masker menjadi salah satu hal terpenting yang dapat kita lakukan untuk melindungi diri kita sendiri dari penyebaran COVID-19. Akan tetapi, menggunakan satu masker saja tidak cukup. Dengan mengenakan dua masker dapat memberikan perlindungan ekstra untuk terhindari dari penyebaran COVID-19.

Disamping itu, penting juga untuk mengenakan masker dengan benar dan mengikuti pedoman kesehatan. Dengan mengikuti langkah-langkah yang diuraikan dalam artikel ini, kita semua dapat melakukan bagian kita untuk membantu menghentikan penyebaran virus dan menjaga keamanan diri kita.

 

*Penulis: Amelia Septika

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading