Sukses

Health

Pentingnya Cuti Haid untuk Kesehatan Mental Perempuan Bekerja

Fimela.com, Jakarta Spanyol menjadi negara pertama di Eropa yang memberlakukan cuti haid berbayar untuk para pekerja. Ini berarti para pekerja bisa mengambil cuti kerja untuk gejala menyakitkan dari periode haid mereka.

Diharapkan lebih banyak lagi pemerintah negara yang terinspirasi memberlakukan hal ini. Studi menemukan bahwa tempat kerja yang mengabaikan dampak periode haid pada karyawan juga sangat memengaruhi produktivitas.

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengalami haid cenderung bekerja melewati rasa sakit dan hal ini membuat mereka kurang produktif. Misalnya, survei Belanda di tahun 2019 terhadap 32.748 perempuan, menemukan bahwa kehadiran selama periode haid yang menyakitkan, melelahkan, atau berat, menyebabkan 9 hari hilangnya produktivitas per orang, per tahun.

 

Manfaat bekerja di rumah saat haid

Selain manfaat produktivitas, ternyata ada juga manfaat kesehatan yang sesungguhnya saat kamu diberikan keleluasaan untuk tidak bekerja atau bekerja dari rumah, saat haid. Le'Nise Brothers, guru yoga, ahli gizi tersertifikasi, dan penulis buku You Can Have a Better Period mendukung bahwa ada manfaat kesehatan dari bekerja di rumah saat haid.

"Perempuan memiliki kebutuhan yang lebih besar untuk istirahat selama haid, terutama pada satu atau dua hari pertama, saat kadar estrogen berada di titik terendah. Bekerja dari rumah memungkinkan perempuan untuk beraktivitas dengan kecepatan mereka sendiri, bisa bangun lebih siang tanpa stres memperhitungkan waktu perjalanan."

Ini juga memengaruhi sistem reproduksi perempuan, yang bisa membuat haid terasa lebih menyakitkan atau sulit diatur. Fleksibilitas ini membantu mereka yang menderita endometriosis, adenomiosis, fibroid, dan periode nyeri atau berat yang mungkin membuat mereka merasa cemas pergi bekerja saat haid.

Selain itu, bekerja di rumah berarti kamu bisa memasukkan istirahat yang nyaman ke dalam rutinitas sehari-hari. Begitu selesai bekerja, kamu bisa langsung mandi air panas atau naik ke tempat tidur.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading