Sukses

Health

3 Bahaya Membersihkan Telinga Menggunakan Cotton Bud

Fimela.com, Jakarta Membersihkan telinga menggunakan cotton bud sudah menjadi kebiasaan semua orang. Ternyata hal ini memiliki resiko yang berbahaya loh! Jika dibiarkan akan berbahaya bagi kesehatan.

Sudah banyak ahli kesehatan yang tidak menyarankan penggunaan cotton bud untuk membersihkan telinga. Hal ini dikarenakan cotton bud dapat menyebabkan infeksi dan cedera pada telinga. Berikut penjelasan lengkapnya.

Terdorongnya Kotoran Telinga

Secara alami, telinga dapat mengeluarkan kotorannya tanpa perlu bantuan cotton bud. Jika Sahabat Fimela membersihkannya dengan cara memasukan cotton bud ke dalam rongga telinga, maka kotoran yang ada akan terdorong masuk lebih dalam. Telinga menjadi kehilangan fungsinya untuk mengeluarkan kotorannya secara alami karena sudah terbawa lebih dalam. Hal ini akan menyebabkan penumpukan kotoran pada telinga bagian dalam dan memunculkan rasa nyeri.

Pecahkan Gendang Telinga

Gendang telinga merupakan bagian yang rapuh dan rentan sobek. Saat kita memasukan cotton bud ke dalam telinga, kita tidak dapat melihat apa saja yang dikenai oleh ujung cotton bud. Jika masuk terlalu dalam, maka akan menyentuh gendang telinga dan membuatnya rusak. Kasus pecahnya gendang telinga ini banyak terjadi akibat penggunaan cotton bud.

Gangguan Pendengaran

Kotoran yang menumpuk di bagian dalam akibat terdorong oleh cotton bud akan menutupi gendang telinga. Selain berfungsi sebagai pengatur keseimbangan tubuh, gendang telinga juga berfungsi untuk mengatur pendengaran. Jika gendang telinga tertutup oleh kotoran, maka kemampuan mendengar akan mengalami gangguan.

Sahabat Fimela bisa membersihkan telinga pada bagian luar menggunakan handuk yang bersih saja, tidak perlu membersihkan bagian dalam karena telinga dapat mengeluarkan kotoran secara alami. Semoga informasi di atas membantu dalam menjaga kesehatan ya.

 

Penulis: Audi Regita Salsabila

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading