Sukses

Health

Apa Penyebab Sering Masuk Angin? Simak Penjelasan Serta Cara Mencegahnya di Sini

Fimela.com, Jakarta Masuk angin adalah salah satu permasalahan kesehatan yang cukup umum dan populer bagi orang Indonesia. Masuk angin biasanya terjadi ketika cuaca sedang dingin. Namun bisa juga kamu mengalami masuk angin bukan ketika cuaca dingin, namun karena kedinginan. Mungkin saja kamu terlalu berada di ruangan berAC yang suhunya terlalu dingin.

Tapi bagaimana kalau kamu sering mengalami masuk angin? Ternyata ada penyebab yang membuatmu jadi sering mengalami masuk angin, tidak hanya karena cuaca dingin atau kedinginan saja.

Lalu apa saja yang bisa membuatmu jadi sering masuk angin? Simak penjelasannya serta cara mencegahnya berikut ini.

Penyebab Sering Masuk Angin

Banyak masyarakat yang percaya bahwa masuk angin dapat terjadi akibat sering kehujanan atau terkena angin. Inilah alasan mengapa masuk angin sering dikaitkan dengan musim hujan. Padahal, cuaca dingin saat musim hujan bukanlah penyebab utama terjadinya masuk angin, melainkan daya tahan tubuh yang cenderung menurun selama musim ini.

Saat musim hujan, paparan sinar matahari akan berkurang dan memengaruhi produksi vitamin D dalam tubuh, sedangkan vitamin D adalah salah satu nutrisi yang berperan penting dalam menjaga daya tahan tubuh. Daya tahan tubuh yang menurun disertai padatnya aktivitas, kurang tidur, dan tidak menjaga asupan makanan, bisa membuat siapa saja rentan mengalami berbagai penyakit, salah satunya adalah masuk angin.

Cara Mencegah Masuk Angin

Salah satu cara efektif untuk mencegah masuk angin adalah dengan menjaga daya tahan tubuh. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan agar daya tahan tubuh tetap terjaga:

  • Mengonsumsi makanan bergizi seimbang
  • Memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih setidaknya 8 gelas per hari
  • Mencukupi waktu istirahat dengan tidur malam selama 7–8 jam
  • Berolahraga secara rutin
  • Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir sebelum dan sesudah makan, setelah dari kamar mandi, dan setelah menyentuh hewan
  • Mengenakan jaket atau pakaian yang tebal saat cuaca dingin
  • Mengonsumsi vitamin untuk menjaga sistem imun

Itulah penyebab sering masuk angin dan cara mencegahnya. Semoga bisa membantumu ya, Sahabat Fimela.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading