Sukses

Peringatan Konten!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

Health

Kenapa Perempuan Rentan Kehilangan Gairah Seks? Cek Faktanya

Fimela.com, Jakarta Studi menemukan jika hampir semua perempuan pernah mengalami masalah seksual. Baik itu masalah berupa kehilangan gairah seks, sulit terangsang, sulit mencapai orgasme, merasa nyeri setelah berhubungan seks atau bahkan trauma untuk berhubungan seks lagi. Mengutip dari laman WebMD, masalah ini normal dialami perempuan. Meski begitu, hal ini perlu mendapat perhatian khusus saat masalah yang ada sudah berlebihan. 

Studi juga menemukan jika perempuan dengan rentang usia 30 - 59 tahun, mengalami penurunan gairah seks secara berkala. Mereka juga tak lagi semangat, penuh gairah dan keinginan untuk memulai hubungan seks terlebih dahulu. Lantas, kenapa hal ini bisa terjadi? Apa yang menjadi alasan kuat perempuan kehilangan gairah seksnya?

Penyebab Menurunnya Gairah Seks Perempuan

Seorang dokter obgyn, Lyndsey Harper, telah menciptakan aplikasi kesehatan seksual bernama Rosy. Aplikasi tersebut untuk mengetahui tingkat gairah seks perempuan. Dari sana, ia menemukan jika banyak perempuan yang mengeluh tentang rendahnya gairah seksual. 

Harper juga menemukan jika dari sekian banyak perempuan tersebut, sebagian tidak menyadari apa yang menyebabkannya kehilangan gairah. Beberapa dari mereka bahkan merasa sangat khawatir. Dan hal ini justru semakin menurukan gairahnya. 

Melalui studi ini, Lyndsey menemukan jika kekhawatiran atau kecemasan memiliki peran penting dalam turunnya gairah seks seseorang. Semakin tinggi tingkat kecemasan seseorang, mereka cenderung mengalami penurunan gairah seks yang lebih besar. Selain itu, menurunnya gairah seks juga bisa terjadi karena adanya masalah di kedua pihak. Baik itu pihak istri maupun suami. 

Selain hal tersebut, ada beberapa penyebab lain menurut ahli yang menyebabkan gairah seks perempuan turun. Penyebab tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

  • Kelelahan. Hal ini tak hanya membuat gairah seks perempuan turun, ini juga membuat gairah seks pria menurun. 
  • Perubahan hormon. Menopause rentan bikin hormon dalam tubuh perempuan berubah. Ini berpengaruh cukup besar terhadap gairah seksnya. 
  • Adanya masalah psikologis. Beberapa hal yang mengganggu psikologis perempuan, juga membuatnya rentan kehilangan gairah seks. 
  • Hubungan dengan pasangan yang bermasalah, juga bisa menyebabkan menurunnya gairah pada perempuan pun pria. 
  • Adanya risiko penyakit tertentu dan konsumsi obat-obatan tertentu. Hal ini tak jarang membuat gairah seks turun. 
  • Ketika perempuan memiliki gaya hidup yang tak sehat, ini juga bisa menurunkan gairah seksnya. 

Itulah sekilas mengenai penyebab menurunnya gairah seks pada perempuan. Untuk mengatasi masalah ini, pastikan untuk memperbaiki pola hidup sehat. Pastikan juga untuk mencari akar masalah yang ada, cari penyelesaian paling tepat. Bila perlu, konsultasikan hal ini dengan dokter atau ahlinya. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading