Sukses

Health

Lakukan Cara Ini untuk Mengatasi Radang Tenggorokan

Fimela.com, Jakarta Tenggorokanmu mungkin sering terasa kering, sakit, atau gatal? Keadaan ini disebut dengan radang tenggorokan.

Jangan khawatir, fenomena ini sangat umum dan bisa sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari. Radang tenggorokan biasa disebabkan karena virus Strepococcus pyogenes seperti pilek atau flu dan bisa terjadi oleh semua usia. 

Radang tenggorokan atau Faringitis terjadi ketika bagian belakang tenggorokan (faring) meradang. Bisa dikatakan radang tenggorokan jika merasakan gejala-gejala lainnya, seperti pembengkakan kelenjar di leher, amandel merah bengkak, demam, muntah, dan sakit perut.

Jenis-jenis radang tenggorokan

Radang tenggorokan dibagi menjadi beberapa jenis, berdasarkan bagian tenggorokan yang terkena ada tiga jenis, yaitu Faringitis menyebabkan pembengkakan dan nyeri di tenggorokan. Tonsilitis adalah pembengkakan dan kemerahan pada amandel dan jaringan lunak di bagian belakang mulut. Lalu Laringitis adalah pembengkakan dan kemerahan pada kotak suara atau laring. Dikutip dari Centers of Disease Control and Prevention, beberapa cara untuk mengatasi radang pada tenggorokan.

Berkumur-kumur

Jika tenggorokanmu mulai nyeri berkumurlah dengan air asin hangat atau meminum air panas dicampur dengan madu dan lemon. Dengan meminum minuman hangat bisa meredakan radang tenggorokan. Pernting juga untuk selalu minum banyak air mineral.

Minum obat pereda

Cara untuk meredakan gejala radang tenggorokan dapat mengonsumsi obat pereda nyeri. Untuk orang dewasa dan anak di atas 1 bulan dapat mengonsumsi parasetamol dan anak diatas 3 bulan dapat mengonsumsi ibuprofen. Serta ikuti petunjuk penggunaan sebelum meminumnya.

Memakan makanan lunak

Hindari makanan dengan tekstur keras yang menyebabkan rasa sakit saat menelan. Cobalah untuk makan makanan lunak seperti yoghurt, sup, smoothies, atau bubur. Selalu didampingi dengan meminum air mineral yang cukup.

Istirahat

Jika merasakan gejala radang tenggorokan yang diikuti suhu tubuh tinggi atau merasa kurang sehat untuk melakukan aktivitas normal, cobalah untuk tinggal di rumah dan hindari kontak dengan orang lain sampai merasa lebih baik.

Kunjungi Dokter

Segera kunjungi dokter jika sudah merasakan gejala yang tidak normal seperti sulit bernapas, kesulitan menelan, terdapat darah dalam dahak, dehidrasi, pembengkakan dan nyeri pada sendi, dan rasa sakit yang berlebih. Dokter akan menentukan jenis penyakit yang derita dengan menanyakan gejala dan melakukan pemeriksaan fisik.

Pengobatan akan diberikan oleh dokter tentang dosis obat bebas atau resep obat khsusus yang tepat untuk usia dan ketentuan untuk meminumnya.

 

*Penulis: Balqis Dhia. 

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading