Sukses

Health

3 Efek Buruk Mengonsumsi Kopi Berlebihan

Fimela.com, Jakarta Kopi menjadi salah satu minuman favorit banyak orang dari berbagai kalangan. Tidak hanya sehat, kopi menjadi pilihan bagi orang yang ingin merasakan semangat di pagi hari. Kopi dapat membangkitkan mood dan metabolisme tubuh. Namun mafaat ini dapat dirasakan jika mengonsumsinya dalam jumlah yang pas.

Ternyata, kopi bisa menjadi sangat berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan, loh. Apalagi bagi orang yang mengidap asam lambung atau maag karena rentan untuk terkena efek negatif dari kopi. Kali ini Fimela akan membahas 3 efek buruk yang didapat dari kpi jika dikonsumsi secara berlebihan, seperti yang dilansir dari healthline.com. Simak selengkapnya berikut ini.

1. Membuat Sulit Tidur atau Insomnia

Banyak orang yang mengonsumsi kopi agar mereka terjaga semalaman karena banyaknya tugas yang harus dikerjakan. Memang sih, cara ini terbilang efektif dan berguna. Tapi sayangnya banyak orang yang tidak sadar bahwa hal ini sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Hal ini akan membuat jam tidurmu berantakan. Jika ingin tetap minum kopi, kamu bisa mengonsumsi saat pagi hari agar tidak sulit tidur di malam hari. 

2. Beresiko Darah Tinggi

Ketika kamu menghabiskan kopi, apakah kepala terasa pusing? Itu bisa menjadi salah satu tanda efek dari kafein pada kopi. Kafein dapat meningkatkan tekanan darah pada tubuh. Jika tekanan darah meningkat secara drastis, tubuh akan beresiko terkena serangan jantung atau stroke. Jangan khawatir, hal ini bisa terjadi jika tingkat kafein yang dikonsumsi sangat tinggi. Bagi orang yang tidak terlalu banyak mengonsumsinya, efek yang muncul hanya sementara, kok.

3. Menimbulkan Perasaan Cemas

Sebagian orang mengonsumsi kopi untuk merilekasikan pikiran yang jenuh. Hal itu bekerja efektif bagi sebagian orang. Tapi sayangnya, banyak orang merasa jika mengonsumsi kopi dengan jumlah yang banyak, maka akan membuat pikiran semakin tenang. Sebaliknya, justru itu akan menimbulkan perasaan cemas yang berlebih. Jika kamu mengonsumsi lebih dari 1.000 mg kafein per hari, maka besar kemungkinan akan menyebabkan kegelisahan dan stress. 

Itulah bahaya dari kopi jika dikonsumsi secara berlebihan. Maka aturlah jumlah kafein yang masuk dalam tubuhmu agar terhindar dari efek negatif yang dapat menganggu kesehatan tubuh. Stay healthy!

Penulis : Auliani Faiziah Haspari

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading