Sukses

Health

5 Gangguan Pada Organ yang Muncul Jika Kurang Minum Air Putih

Fimela.com, Jakarta Air adalah hal yang paling penting bagi manusia untuk keberlangsungan hidup. Tubuh manusia terkandung akan dua pertiga air. Pasokan kadar air ke dalam tubuh harus selalu dijaga keseimbangannya dan cukup sesuai kebutuhan. Umumnya, orang dewasa butuh 2 liter air per hari agar terhindar dari berbagai gangguan kesehatan.

Ada banyak risiko yang akan muncul jika tubuh kekurangan asupan air. Biasanya dapat diketahui oleh beberapa gejala, mulai dari yang ringan hingga berat. Gangguan-gangguan tersebut rupanya dapat berdampak pada fungsi organ yang ada pada tubuh. Melansir dari hellosehat.com, berikut ini adalah beberapa gangguan fungsi organ yang terdampak jika kurang asupan air putih.

Malfungsi pada Otak

Fungsi kognitif yang terjadi pada otak akan terganggu ketika tubuh kekurangan air. Hal ini akan mengganggu konsentrasi dan daya ingat pada otak. Tidak hanya itu, ketika tubuh kekurangan air, maka mood dapat terjadi perubahan yang signifikan. Hal ini menimbulkan rasa kantuk dan turunnya performa fisik dan otak. Hal ini tentunya tak hanya merugikan tubuh, namun juga dapat menghambat aktivitas sehar-hari.

Gangguan pada Saluran Pencernaan

Gangguan saluran pencernaan adalah suatu masalah yang sangat menyebalkan. Rupanya masalah ini dapat disebabkan karena jarang minum air, loh. Tanda-tanda gangguan pencernaav karena kurang air adalah ketika tubuh hanya buan air besar kurang dari tiga kali dalam seminggu, tekstur feses yang keluar pun sangat keras. Kalau sudah seperti ini, berarti tubuhmu mengalami kekurangan air secara kronis. 

Gagal Ginjal dan Saluran Kemih

Masalah satu ini sering terjadi pada pasien yang kekurangan air di dalam tubuhnya. Rendahnya kadar air dalam tubuh dapat memicu infeksi pada saluran kemih. Hal ini menyebabkan gangguan saluran kemih berupa pembentukan batu karena frekuensi buang air urin menurun. Untuk menghindarinya, tubuh perlu diberi asupan air sebanyak 2,3 liter per harinya. 

Turunnya Kualitas Fungsi pada Mata

Tidak hanya layar komputer yang dapat menyebabkan masalah pada mata, ternyata kekurangan air bisa juga, loh. Kurangnya air dapat menyebabkan mata kering dan tentunya mengganggu penglihatan. Selain itu kadar lendir pada mata dapat meningkat, hal ini membuat penglihatan terasa kabur dan gatal. Saat sedang beraktivitas, hal ini tentu sangat mengganggu.

Menurunkan Kesehatan Kulit

Memiliki kulit yang sehat adalah dambaan semua orang. Namun jika tubuh jarang diberi air, keinginan untuk mendapat kulit yang sehat tentu sulit. Kualitas kulit seperti elastisitas dan kekenyalannya akan berkurang. Karena pada dasarnya, kulit terkandung atas 64 persen air. 

Itu dia sebabnya tidak boleh lalai dalam mengatur pola hidup. Kekurangan air pada tubuh terlihat sepele, namun dapat sangat berbahaya. Stay hydrated, sahabat Fimela!

Penulis : Auliani Faiziah Haspari

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading