Sukses

Health

7 Makanan Enak yang Ampuh Turunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh

Fimela.com, Jakarta Tingginya kadar kolesterol dalam tubuh bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Penting diketahui, banyak hal yang bisa menyebabkan naiknya kolesterol dalam tubuh. Hal ini mulai dari pola makan yang tidak sehat, kurangnya aktivitas dan kebiasaan buruk seperti konsumsi junk food serta merokok. 

Mengutip dari laman health.harvard.edu, sejauh ini makanan memiliki peran penting dalam menaikkan dan menurunkan kadar kolesterol. Beberapa makanan bisa menyebabkan naiknya kolesterol secara drastis. Tapi, beberapa makanan lagi justru ampuh menurunkan kadar kolesterol. 

Jika Sahabat Fimela ingin menurunkan kadar kolesterol, ada beberapa makanan yang disarankan untuk rutin dikonsumsi. Adapun makanan tersebut antara lain sebagai berikut:

Oatmeal

Makanan pertama yang ampuh menurunkan kolesterol ada oatmeal. Gunakan oatmeal sebagai menu sarapan dan makan malam harian. Makanan ini kaya akan nutrisi terbaik buat tubuh. Ini juga bantu menurunkan kolesterol serta menurunkan berat badan.

Kacang Kedelai

Kacang kedelai beserta olahannya, juga baik untuk menurunkan kolesterol. Makanan ini merupakan sumber protein dan nutrisi terbaik untuk tubuh. Makanan ini juga baik untuk sistem pencernaan selama dikonsumsi dalam porsi tepat setiap harinya.

Alpukat

Buah alpukat adalah buah yang mengandung asam folat serta lemak sehat di dalamnya. Buah ini juga memiliki segudang nutrisi terbaik untuk tubuh. Studi menemukan jika alpukat adalah salah satu buah terbaik untuk menurunkan kolesterol, menu diet dan penambah energi.

Wortel

Wortel juga termasuk makanan yang bisa menurunkan kadar kolesterol. Masak wortel bersama sayuran lain seperti brokoli, kubis dan sawi untuk memperoleh manfaat yang lebih maksimal. Wortel juga bisa diolah menjadi minuman berupa jus wortel. Selain menurunkan kolesterol, ini juga baik untuk kesehatan kulit serta mata.

Terong

Terong adalah makanan yang bisa menurunkan kolesterol selanjutnya. Baik terong hijau bulat atau lalap maupun terong ungu, keduanya memiliki nutrisi yang baik buat tubuh. Terong juga sebagai sumber serat yang baik untuk sistem pencernaan. 

Kacang Almond

Selain kacang kedelai, kacang almond juga bermanfaat menurunkan kolesterol. Kacang almond bisa dikonsumsi sebagai camilan atau topping salad buah dan sayur.

Buah Kiwi

Buah kiwi menjadi salah satu super food yang baik untuk menurunkan kolesterol. Kiwi juga mengandung berbagai vitamin yang dibutuhkan tubuh. Konsumsi kiwi secara langsung untuk dapatkan hasil yang lebih maksimal. 

Itulah sekian makanan yang ampuh menurunkan kolesterol dalam tubuh. Selain konsumsi makanan di atas, agar kolesterol turun secara maksimal, kamu sebaiknya menerapkan pola hidup yang lebih sehat, kelola stres dengan baik, miliki istirahat atau tidur cukup dan jangan malas olahraga. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading