Sukses

Health

5 Cara Mengurangi Rasa Sakit saat Menstruasi

Fimela.com, Jakarta Sahabat Fimela pasti sering merasa sakit dan nyeri saat menstruasi datang. Rasa sakit yang dirasa berbeda pada setiap orang, ada yang merasa sakit pada perut, ada yang merasakan nyeri pada sekujur tubuh, ada pula yang merasakan kedua hal tersebut dalam satu waktu. 

Rasa sakit yang muncul saat menstruasi ini sangat menyebalkan, apalagi jika sudah mengganggu aktivitas hari-hari. Banyak yang merasakan sakit berlebih, sampai-sampai untuk bangun saja sulit. Jika sudah seperti ini, apakah ada cara untuk mengurangi rasa sakitnya? Tentu saja ada.  Sahabat Fimela bisa mengikuti beberapa cara dibawah ini, yuk simak bersama. 

Mengompres Perut dengan Air Hangat

Cara paling mudah untuk mengurangi rasa sakit perut saat haid adalah dengan mengompres air hangat ke perut. Bisa dengan mengisi air hangat ke dalam botol kaca atau dengan pack hangat yang dikhususkan untuk pereda haid. Kompres area perut selama 20 menit. Cara satu ini dapat merileksasikan otot dan kram pada perut.

Memperhatikan Pola Makan

Ada beberapa makanan yang harus dihindari saat menstruasi, seperti makanan yang mengandung lemak, makanan gurih, kafein, soda, dan alkohol. Sebaiknya beri tubuhmu dengan asupan makanan yang mengandung omega-3, kacang-kacangan, buah-buahan, sayuran dan protein yang bebas lemak. Makanan tersebut dapat menjaga tubuh tetap sehat. Dan yang terpenting adalah untuk selalu rajin minum air putih.

Memijat Lembut Area yang Sakit

Untuk merilekskan otot-otot pada area tubuh yang nyeri, bisa dengan memijat lembutnya. Agar pijatannya terasa licin, oleskan lotion, baby oil, atau bahkan minyak pijat agar lebih hangat. Cara ini ampuh untuk meredakan nyeri haid.

Berolahraga

Memang sih, terkadang menstruasi membuat kita malas untuk melakukan aktivitas, seperti olahraga. Padahal, dengan berolahraga bisa mengurangi rasa sakit saat haid, loh. Tidak usah berolahraga berat, melakukan jogging atau stretching ringan saja sudah cukup. Tidak hanya megurangi rasa sakit, olahraga juga meningkatkan mood dan energimu. 

Mandi atau Berendam dengan Air Hangat

Tidak hanya dengan mengompres, berendam air hangat juga ampuh untuk mengurangi rasa sakit karena haid. Saat badan terasa tegang, air hangat bisa membantu otot menjadi lebih rileks. Air hangat juga bisa meningkatkan kualitas tidur, agar tidur lebih nyenyak. 

Itulah beberapa cara yang bisa sahabat Fimela lakukan saat rasa sakit haid mengganggu. Rasa sakit yang terjadi adalah hal yang wajar dan tidak berbahaya. Tetapi jika rasa sakit itu muncul berkepanjangan, segera berkonsultasi dengan sang profesional. 

Penulis : Auliani Faiziah Haspari

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading