Sukses

Health

Diet Bagi Ibu Menyusui, Bagaimana Aturannya? Cek di Sini

Fimela.com, Jakarta Bagi banyak perempuan, momen kehamilan, melahirkan dan menyusui adalah momen yang sangat mengesankan. Di momen ini, perempuan akan merasakan banyak hal baru. Apalagi untuk mereka yang pertama kali hamil dan melahirkan. 

Dalam banyak kasus, momen kehamilan dan melahirkan membuat sebagian besar perempuan mengalami kenaikan berat badan secara signifikan. Naiknya berat badan tak jarang bikin perempuan cukup malu dan tidak percaya diri lagi dengan tubuhnya. Untuk itu, tidak sedikit dari mereka yang memaksa melakukan diet meski masih menyusui. Namun, bolehkah ibu menyusui melakukan diet? Apakah hal ini tak berpengaruh pada tumbuh kembang buah hati? 

Diet Bagi Ibu Menyusui

Mengutip dari laman parents.com, ada beberapa aturan yang penting dipatuhi oleh ibu menyusui jika ingin diet. Namun, sebelum memutuskan untuk diet, pastikan untuk memikirkan lebih matang akan hal ini. Pastikan agar nutrisi buah hati tetap tercukupi selama Mom menjalani program diet. Alangkah baiknya, konsultasikan juga dulu hal ini dengan dokter atau bidan ahlinya.

Tunda Diet Jika Bayi Berusia di Bawah 6 Bulan

Ketika bayi berusia di bawah 6 bulan, sebaiknya Mom menunda dulu program diet yang hendak dilakukan. Pada usia 0 sampai 6 bulan, para ahli menyarankan agar bayi mendapat asupan nutrisi berupa susu eksklusif. Hal ini tentunya harus didukung dengan pola makan Mom yang lebih sehat dan tercukupi setiap harinya. 

Studi menemukan jika 1000 hari usia bayi, adalah usia emas di mana bayi tak hanya perlu mendapat nutrisi cukup, tetapi juga perlu mendapat stimulasi dan perawatan terbaik dari orangtua. Nutrisi yang diterima bayi di 1000 hari usianya, sangat berpengaruh besar pada tumbuh kembangnya ke depan.

Diet Aman untuk Ibu Menyusui

Para ahli mengungkapkan jika diet oleh ibu menyusui aman dilakukan saat bayi telah mencapai usia di atas 6 bulan. Biasanya, di usia ini bayi sudah mendapat nutrisi lain dari MPASI (Makanan Pendamping ASI). Ibu menyusui tak apa melakukan diet, dengan catatan bayi sudah diberi makanan lain dengan kandungan nutrisi cukup serta seimbang di dalamnya.

Diet yang aman buat ibu menyusui juga merupakan diet yang wajar. Mom tidak diperkenankan melalukan diet ekstrem atau bahkan mengonsumsi obat-obatan tertentu demi menurunkan berat badan. Diet yang wajar adalah diet yang mengontrol asupan kalori dalam tubuh, tetap diimbangi dengan olahraga rutin, istirahat cukup dan konsumsi air putih cukup. Pastikan untuk memilih makanan yang tinggi nutrisi dan tetap bisa mempelancar ASI. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading