Sukses

Health

5 Cara Menghindari Resiko Penyakit Diabetes Melitus Sejak Dini

Fimela.com, Jakarta Penyakit Diabetes Melitus (DM) merupakan penyakit yang terjadi karena faktor gaya hidup yang tidak sehat, sehingga menyebabkan penumpukan kadar gula dalam darah di atas batas normal. Penyakit ini bersifat kronis dan jangka panjang. Orang yang mengidap penyakit ini akan merasa lapar yang berlebih, pandangan yang kabur, mudah letih, hingga penyembuhan bekas luka yang lama.

Sahabat Fimela dapat menghindari resiko penyakit diabetes melitus ini dengan menerapkan gaya hidup yang sehat agar insulin dapat tubuh akan meningkat, sehingga dapat mencegah terjadinya resistensi insulin. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghindari resiko penyakit diabetes sejak dini.

Rutin Berolahraga

Mencegah resiko penyakit diabetes dapat dilakukan melalui rutin berolahraga. Hal ini akan meningkatkan produksi insulin dan sensitivitas sel tubuh terhadap insulin, sehingga gula darah akan terkontrol dengan baik, membantumu mencegah diabetes.

Selain itu, olahraga juga membantu membakar kalori untuk menghasilkan energi dan menyimpan kelebihan glukosa sebagai cadangan energi dalam bentuk protein otot agar tidak menumpuk di dalam darah. Berolahraga minimal 150 menit setiap minggu, bagi menjadi lima sesi, 30 menit per sesi. 

Menjaga Pola Makan Sehat

Kurangi asupan gula dan karbohidrat karena tubuh akan memproses gula dan karbohidrat dengan cepat. Hal ini meningkatkan gula darah dan merangsang pankreas untuk memproduksi insulin.

Insulin ini membantu menghilangkan gula darah dari aliran darah. Jika terlalu banyak mengonsumsi gula dan karbohidrat, gula darah akan meningkat dan tubuh berisiko terkena diabetes melitus. Solusinya adalah mengganti karbohidrat sederhana dengan karbohidrat kompleks seperti kentang, jagung, dan biji-bijian. 

Berhenti Merokok

Berhenti merokok juga dapat membantu mencegah diabetes. Faktanya, diabetes melitus adalah bentuk diabetes yang paling umum di kalangan perokok. Sebuah studi review yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association menganalisis beberapa penelitian besar tentang merokok dan diabetes. Perokok aktif memiliki risiko 44% lebih tinggi terkena diabetes dibandingkan bukan perokok. Risiko meningkat sebesar 61% jika kamu merokok lebih dari 20 batang sehari. Jika kamu seorang perokok aktif, tidak ada cara yang lebih efektif untuk mencegah diabetes selain berhenti merokok. Meski sulit, dapat memulainya sedikit demi sedikit.

Menjaga Berat Badan

Obesitas adalah salah satu penyebab utama diabetes. Kelebihan berat badan mengacaukan metabolisme sehingga sel-sel tubuh tidak dapat merespon insulin secara optimal. Oleh karena itu, cara mencegah diabetes secara alami selanjutnya adalah menjaga berat badan ideal. Perhatikan juga konsumsi karbohidrat dan gula dalam tubuh agar terhindar dari obesitas. 

Rajin Mengkonsumsi Air Putih

Mengonsumsi air putih secara optimal membantu tubuh menghilangkan kelebihan gula darah melalui urine. Jadi jangan lupa air putih yang cukup ya!   

Demikian cara yang dapat dilakukan untuk menghindari resiko penyakit diabetes melitus. Semoga Informasi di atas dapat membantu.

 

Penulis: Audi Regita Salsabila

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading