Sukses

Health

7 Jenis Makanan Sehat yang Dapat Mencegah Meningkatnya Kadar Kolesterol

Fimela.com, Jakarta Makanan yang membentuk diet rendah kolesterol dapat membantu mengurangi kadar kolesterol tinggi. Memperhatikan makanan apa yang kamu konsumsi dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Memilih makanan yang menurunkan LDL, partikel pembawa kolesterol berbahaya yang memengaruhi terhadap aterosklerosis penyumbatan arteri, adalah cara terbaik untuk mencapai diet rendah kolesterol.

Melanisr dari health.harvard.edi (20/3)), ada beberapa jenis makanan ternyata dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, lho. Lalu makanan apa saja itu? Yuk, simak selengkpanya di bawah ini.

1. Oatmeal

Langkah pertama yang mudah untuk menurunkan kolesterol adalah makan semangkuk oatmeal atau sereal untuk sarapan. Ini memberimu 1 hingga 2 gram serat larut. Tambahkan pisang atau stroberi untuk setengah gram lagi. Pedoman nutrisi saat ini merekomendasikan untuk mendapatkan 20 hingga 35 gram serat sehari, dengan setidaknya 5 hingga 10 gram berasal dari serat larut.

2. Biji-bijian Utuh

Seperti gandum dan tepung gandum, barley dan biji-bijian lainnya dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung, terutama melalui serat larut yang mereka berikan.

3. Kacang-kacangan

Kacang sangat kaya akan serat larut. Makanan ini juga membutuhkan waktu untuk dicerna tubuh, yang berarti kamu akan merasa kenyang lebih lama setelah makan. Itulah salah satu alasan kacang adalah makanan yang berguna bagi orang yang mencoba menurunkan berat badan.

4. Minyak Nabati

Menggunakan minyak nabati cair seperti canola, bunga matahari, safflower, dan lain-lain sebagai pengganti mentega, atau minyak sawit saat memasak dapat membantu menurunkan LDL.

5. Makanan yang Diperkaya dengan Sterol dan Stanol

Sterol dan stanol yang diekstrak dari tanaman meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap kolesterol dari makanan. Mendapatkan 2 gram sterol atau stanol sehari dapat menurunkan kolesterol LDL sekitar 10%.

6. Kedelai

Makan kedelai dan makanan yang terbuat dari kedelai, seperti tahu dan susu kedelai, pernah disebut-sebut sebagai cara ampuh untuk menurunkan kolesterol. Analisis menunjukkan bahwa efeknya lebih sederhana, mengkonsumsi 25 gram protein kedelai sehari (10 ons tahu atau 2 1/2 cangkir susu kedelai) dapat menurunkan LDL sebesar 5% hingga 6%.

7. Makanan Mengandung Omega-3

Makan ikan dua atau tiga kali seminggu dapat menurunkan LDL dengan dua cara, dengan mengganti daging, yang memiliki lemak jenuh penambah LDL, dan dengan memberikan lemak omega-3 penurun LDL. Omega-3 mengurangi trigliserida dalam aliran darah dan juga melindungi jantung dengan membantu mencegah timbulnya irama jantung yang tidak normal.

Well, sebelum sembarangan makanan, kamu juga perlu untuk mempertimbangkan kandungan nutrisi yang ada pada makanan tersebut. 

What's On Fimela
Loading