Sukses

Health

Manfaat Mengonsumsi Kulit Kentang yang Tidak Banyak Orang Ketahui

Fimela.com, Jakarta Saat mengolah sesuatu yang menggunakan kentang, Sahabat Fimela pasti sering membuang kulitnya, kan? Berarti kamu telah melewatkan banyak nutrisi yang terkandung dalam kulit kentang. Mengonsumsi kentang bersamaan dengan kulitnya tidak berbahaya, justru akan sangat bermanfaat jika diolah dengan tepat. 

Tidak banyak orang tahu bahwa kulit kentang memiliki banyak khasiat bagi tubuh. Padahal sebenarnya mengonsumsi olahan kentang dengan kulitnya menambah cita rasa yang lebih nikmat dan gurih. Sahabat Fimela penasaran dengan manfaat dari kulit kentang? Yuk, simak selengkapnya berikut ini. 

Melancarkan Sistem Pencernaan

Kulit kentang mengandung serat di dalamnya yang dapat membantu memperlancar sistem pencernaan pada tubuh. Jenis serat dari kulit kentang ini adalah serat yang tidak larut air sehingga membuat feses semakin berat dan usus dapat bekerja lebih untuk mengeluarkan feses. Selain itu serat pada kulit kentang dapat membuat feses menjadi lunak sehingga siklus buang air besar akan lebih lancar. Maka dari itu, jika ingin mengatasi masalah perut sembelit, dapat mengonsumsi kulit kentang.

Meningkatkan Kekuatan Tulang

Bagian dari kentang ini memiliki kandungan kalsium dan vitamin K di dalamnya sehingga sangat bagus untuk memperkuat tulang. Selain itu kandungan miveralnya dapat menjaga struktur kepadatan tulang. Dengan mengonsumsi kulit kentang, risiko terkena berbagai penyakit tulang seperti osteoporosis atau tulang keropos akan lebih kecil.

Mengontrol Tekanan Darah

Kandungan kalium sangat berperan untuk mengontrol tekanan darah agar tetap stabil. Rupanya, kulit kentang memiliki kandungan tersebut sehingga bisa menurunkan risiko tekanan darah tinggi. Tidak hanya itu, kalium berpengaruh untuk menjaga detak jantung sehingga kandungan ini dapat mengatasi berbagai masalah pada jantung.

Meningkatkan Energi

Kulit kentang sangat kaya akan vitamin B6 yang dimana berperan untuk meemcah karbohidrat kompleks berjenis pati. Vitamin B6 akan memecah karbohidrat ini menjadi glukosa yang akan menjadi sumber energi terbesar pada tubuh. Jika energi ingin bertambah lebih besar, kamu bisa mengonsumsi kentang beserta kulitnya. Selain itu kandungan seratnya akan membuat tubuh terasa kenyang lebih lama.

Menyehatkan Otak

Kulit kentang memiliki kandungan kolin yang sangat bermanfaat bagi otak dan sistem saraf pada tubuh. Senyawa ini adalah bagian lapisan dari dinding sel, plasma darah, dan lipoprotein yang bertugas mengatur mood, mengontrol otot, dan meningkatkan daya memori. Kandungan satu ini tidak jauh berbeda dengan vitamin B. 

Itu dia beberapa manfaat yang bisa Sahabat Fimela dapatkan dari mengonsumsi kulit kentang. Masih banyak orang yang belum tahu akan hal ini. Lain kali, jika mengonsumsi kentang, lebih baik jangan membuang kulitnya, karena kamu akan mendapat lebih banyak manfaat. Semoga bermanfaat.

Penulis : Auliani Faiziah Haspari

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading