Sukses

Health

6 Tips Jalani Puasa Nyaman dan Aman bagi Penderita Asam Lambung

Fimela.com, Jakarta Asam lambung tentu membuat tubuh menjadi tidak nyaman. Apalagi ketika asam lambung naik dan mengganggu produktivitas, hari-hari jadi terasa tidak menyenangkan. Bulan puasa akan semakin terasa menantang bagi penderita asam lambung. Tapi, bukan berarti ibadah jadi tidak bisa dilakukan, justru ada sejumlah tips dan trik agar bisa tetap menjalani inadah puasa, walaupun menderita asam lambung. Cek di sini cara mencegah asam lambung agar tetap terjaga. 

1. Pastikan untuk tidak melewati sahur

Meskipun sulit harus bangun pada waktu dini hari, tapi sahur tidak boleh dilewatkan bagi para penderita asam lambung. Jika sahur terlewatkan, maka perut akan kosong selama seharian, dan asam lambung akan naik. Jadi, pastikan untuk tidak melewati waktu sahur, sebagai amunisi untuk menjalani ibadah puasa dengan nyaman. 

2. Jangan lewatkan waktu berbuka

Jangan tunda berbuka puasa. Jika kamu sibuk dan banyak menghabiskan waktu di perjalanan, pastikan selalu siapkan bekal untuk berbuka puasa. setelah perut kosong selama 12 jam, tentu harus segera diisi dengan makanan, jadi segeralah buka dengan makanan ringan dan nyaman di perut, sehingga asam lambung tidak naik. 

 

3. Makan dengan perlahan

Saat berbuka puasa, makanlah secara perlahan. Jangan makan terlalu lahap yang membuat perut kaget dan memicu asam lambung naik. Kunyah makanan dengan benar, sehingga mudah dicerna dan menghindari asam lambung naik. 

4. Makan dengan porsi kecil

Konsumsi makanan dengan porsi kecil. Jangan langsung makan dengan porsi besar. Hal ini berguna untuk membiarkan perut beradaptasi sehingga tidak memicu asam lambung naik. Meskipun kamu merasa sangat lapar ketika waktu berbuka datang, usahakan untuk tidak terlalu makan banyak terlebih dahulu.

 

5. Hindari rebahan setelah makan

Menghindari kebiasaan setelah sahur langsung balik ke tempat tidur. Idealnya memang kamu harus menunggu sekitar 3 jam setelah makan bila ingin kembali tidur. Hal ini akan mencegah asam lambung tiba-tiba naik dan mengacaukan ibadah puasa. 

Hal-hal yang bikin asam lambung naik

 

Bagi kamu yang punya riwayat asam lambung naik, maka memilih makanan yang tepat juga harus dilakukan. Beberapa makanan yang hanya akan merangsang kenaikan asam lambung yaitu:

  • Minuman berkarbonasi, seperti soda.
  • Tomat.
  • Bawang.
  • Makanan pedas.
  • Makanan berlemak tinggi, seperti gorengan.
  • Makanan dan minuman berkafein, cokelat, kopi, dan teh.
  • Citrus, seperti berbagai macam jeruk.
  • Semua makanan tersebut tentunya harus kamu hindari, entah itu ketika makan sahur atau berbuka puasa, karena hanya akan memicu asam lambung naik ketika kamu berpuasa.

 

 

 

 

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

  • Ramadan adalah bulan suci umat Islam yang dirayakan dengan cara melaksanakan puasa selama satu bulan penuh.

    Ramadan Update

  • Ramadan adalah bulan suci umat Islam yang dirayakan dengan cara melaksanakan puasa selama satu bulan penuh.
    Ramadan adalah bulan suci umat Islam yang dirayakan dengan cara melaksanakan puasa selama satu bulan penuh.

    Ramadan

  • Penyakit asam lambung dikenal juga dengan istilah sakit mag, indigestion, atau dispepsia. Mag merupakan nyeri yang berasal dari lambung.

    Asam Lambung

What's On Fimela
Loading