Sukses

Health

Manfaat Jalan Kaki untuk Kesehatan, Salah Satunya Turunkan Risiko Stres

Fimela.com, Jakarta Pekerjaan yang menumpuk, keuangan yang tidak stabil, ditambah adanya masalah dengan orang terdekat, hal ini rentan bikin seseorang merasa stres. Saat pikiran stres, ini juga berpengaruh pada kesehatan tubuh secara menyeluruh. Lantas, bagaimana agar tubuh tetap sehat, bugar dan terhindar dari stres? Cukupkah hanya dengan mengonsumsi makanan yang bantu turunkan stres?

Mengutip dari laman healthline.com, untuk menurunkan risiko stres, salah satu cara yang paling mudah dilakukan adalah dengan melakukan kebiasaan sehat dan baik. Kebiasaan tersebut adalah jalan kaki. Gimana, kapan terakhir kali kamu jalan kaki? Baik itu bertujuan olahraga atau sekedar jalan kaki karena ingin jalan-jalan saja?

Manfaat Jalan Kaki

Jalan kaki memberi banyak manfaat untuk kesehatan. Adapun manfaat tersebut antara lain sebagai berikut:

  • Membantumu memiliki tidur yang lebih nyenyak dan berkualitas.
  • Menurunkan risiko stres, depresi dan gangguan mental lainnya. 
  • Memperbaiki suasana hati. 
  • Menjaga daya tahan tubuh agar lebih baik dan kuat.
  • Meningkatkan kecerdasan dan kemampuan berpikir. 
  • Meningkatkan energi dan stamina dalam tubuh.
  • Bantu menurunkan berat badan sekaligus membentuk tubuh yang ideal. 
  • Menurunkan risiko naiknya kolesterol dalam tubuh.

Jalan Kaki Bikin Pikiran Lebih Fresh dan Bahagia

Beberapa studi menemukan jika kebiasaan baik olahraga jalan kaki, bisa bantu seseorang memiliki pikiran yang lebih fresh, rileks dan bahagia. Jalan kaki juga membantu seseorang memiliki kesehatan mental yang lebih baik dari sebelumnya. Saat jalan kaki, aliran darah bisa menyebar ke seluruh tubuh dengan baik. Termasuk menyebar ke otak dengan membawa oksigen dalam porsi yang tepat.

Disadari atau tidak, saat berjalan kaki, tubuh akan menghasilkan hormon endorfin. Hormon ini membantu menurunkan stres dan membuatmu merasa lebih tenang. Orang yang rutin jalan kaki, bisa merasakan emosi senang dan bahagia. Apalagi, jika jalan kaki dilakukan di pagi hari saat udara masih sejuk-sejuknya. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading