Sukses

Health

5 Bahaya Terbiasa Duduk Terlalu Lama Bagi Kesehatan

Fimela.com, Jakarta Dalam sehari, berapa jam kamu menghabiskan waktu untuk duduk? Bagi kamu pekerja kantoran yang mengharuskanmu di depan komputer atau laptop, dalam sehari kamu bisa saja duduk lebih dari 8 jam setiap harinya. Hati-hati dengan kebiasaan duduk terlalu lama ini Sahabat Fimela. 

Selain rentan melemahkan otot dan sendi, kebiasaan duduk terlalu lama bisa berbahaya bagi kesehatan secara menyeluruh. Studi menemukan jika kebiasaan duduk ini bisa meningkatkan risiko obesitas hingga jantung. Mengutip dari laman bestlifeonline.com, inilah bahaya dari terbiasa duduk terlalu lama setiap harinya.

Naiknya Berat Badan

Bahaya pertama adalah naiknya berat badan. Kamu yang punya kebiasaan duduk terlalu lama dan tak punya banyak gerak tubuh, akan sangat mudah mengalami kenaikan berat badan. Saat berat badan sudah naik, akan cukup bagimu menurunkan berat badan tersebut. 

Nyeri Pinggang

Matthew Chong, MD, seorang ahli ortopedi di Cedars-Sinai Kerlan-Jobe Institute di Los Angeles, California, mengungkapkan jika duduk terlalu lama meningkatkan risiko nyeri pinggang. Kamu bahkan bisa berisiko mengalami masalah persendian khususnya untuk sendi-sendi tulang belakang. 

Jantung

Risiko dari duduk terlalu lama selanjutnya ada penyakit jantung. Beragam masalah kesehatan yang berhubungan dengan jantung, akan lebih berisiko bagi mereka yang memiliki kebiasaan duduk terlalu lama setiap harinya. Risiko jantung ini bahkan bisa menyerang ketika usiamu masih sangat muda sekalipun.

Diabetes

Mereka yang suka duduk terlalu lama, kurang gerak, tidak membatasi asupan gula dan memiliki riwayat keluarga diabetes, memiliki risiko lebih besar akan penyakit ini. Duduk terlalu lama akan mengganggu proses pembakaran lemak dan glukosa dalam tubuh. Studi menemukan jika duduk terlalu lama meningkatkan risiko diabetes hingga 112 persen.

Perut Buncit

Bahaya selanjutnya dari duduk terlalu lama ada perut buncit. Ketika perutmu terus membuncit padahal berat badan tetap, bisa jadi hal ini karena kamu terbiasa duduk terlalu lama setiap harinya. Kondisi akan diperparah dengan kebiasaan langsung duduk setelah makan tanpa melakukan gerakan tubuh apapun. 

Itulah sekian bahaya dari kebiasaan duduk terlalu lama bagi kesehatan. Semoga informasi ini bermanfaat dan semoga kita lebih bijak dalam menjaga kesehatan sehari-hari.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading