Sukses

Health

5 Bahaya yang Akan Kamu Hadapi Karena Kebiasaan Menahan Kencing

Fimela.com, Jakarta Buang air kecil adalah kebutuhan alami setiap orang. Ini bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Terlebih lagi, ketika kita baru saja minum air dalam jumlah yang cukup banyak. Kebutuhan akan buang air kecil akan semakin sering. 

Melalui air seni atau kencing, sisa atau limbah produk dalam tubuh yang tidak diperlukan akan terbuang. Frekuensi kencing yang teratur dan cukup setiap harinya, bisa bikin tubuh lebih sehat. Ini juga memungkinkan tubuh terhindar dari segala racun atau limbah berbahaya dari asupan nutrisi yang kita konsumsi setiap harinya. 

Meski kencing atau buang air kecil adalah hal yang penting untuk segera dilakukan, nampaknya masih ada banyak orang yang terbiasa menahan kencing. Padahal, mengutip dari laman bestlifeonline.com, kebiasaan menahan kencing sangat berbahaya buat kesehatan. Bahaya tersebut antara lain sebagai berikut:

Menyebabkan Nyeri

Kebiasaan menahan kencing rentan menyebabkan timbulnya rasa nyeri dan tidak nyaman di perut terutama bagian kandung kemih. Ini terjadi karena kandung kemih harus menampung lebih banyak sisa limbah atau cairan urin.

Batu Kandung Kemih

Bahaya selanjutnya adalah risiko batu kandung kemih. Apa itu? Urin yang terjebak di kandung kemih dalam waktu lama, bisa menyebabkan terbentuknya batu di kandung kemih. Kondisi ini bisa meningkatkan risiko nyeri di area kandung kemih, nyeri di perut bagian bawah hingga pendarahan saat kencing.

Nyeri Pinggang

Nyeri pinggang bisa disebabkan oleh banyak hal. Salah satunya adalah kebiasaan menahan buang air kecil. Ketika kandung kemih penuh oleh urin, saraf di area organ tersebut sudah aktif sehingga memunculkan keinginan untuk buang air kecil. Tapi, jika hal ini tidak segera dilakukan, ini bisa memunculkan rasa nyeri. Nyeri ini juga rentan memunculkan sinyal ke otak bahwa area kemih termasuk pinggang terasa sakit atau nyeri. 

Infeksi Salurah Kemih

Kebiasaan menahan buang air kecil bisa menyebabkan infeksi saluran kemih. Hal ini disebabkan oleh penumpukan urin yang notabenenya sebagai limbah tubuh. Dalam limbah tersebut, disinyalir juga mengandung bakteri serta kuman yang bisa meningkatkan risiko infeksi saluran kemih. 

Batu Ginjal

Studi menemukan jika kebiasaan menahan  buang air kecil meningkatkan risiko batu ginjal. Batu ginjal adalah kondisi mengerasnya asam urat dan kalsium yang berkaitan dengan fosfor dalam. Batu ginjal yang tidak ditangani dengan baik, dikhawatirkan bisa berpengaruh pada kinerja organ tubuh secara keseluruhan. 

Itulah sekian bahaya dari kebiasaan menahan buang air kecil atau kencing. Semoga informasi ini bermanfaat dan yuk, segera buang air kecil jika kamu merasakannya. Hentikan kebiasaan menahan kebiasaan ini demi kesehatan tubuhmu ke depannya. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading