Sukses

Health

5 Alasan Tubuh Merasa Lelah Sepanjang Hari Meski Sudah Istirahat Cukup

Fimela.com, Jakarta Pernahkah kamu merasa lelah sepanjang hari meski sudah memiliki istirahat cukup? Kelelahan bisa terjadi karena banyak hal. Bahkan setelah kamu hanya berdiam diri atau istirahat, ini juga rentan menyebabkan kelelahan kronis. Ini bahkan bisa menyebabkan risiko depresi atau gangguan suasana hati. 

Merasa lelah sepanjang hari adalah hal yang wajar dialami setiap orang. Karena dianggap wajar, beberapa orang menilai ini merupakan masalah yang sepele. Padahal nih ya, studi menemukan jika kelelahan yang berlebih bisa sebagai salah satu tanda masalah kesehatan tertentu. Mengutip dari laman bestlifeonline.com, ada sesuatu yang tidak beres dengan tubuh jika ia terus menerus kelelahan. 

Berikut beberapa penyebab kelelahan sepanjang hari yang perlu diperhatikan dan diwaspadai.

Anemia

Dari laman klikdokter.com, penyebab paling utama dari kelelahan yang terus menerus dan sepanjang hari bisa jadi adalah anemia. Anemia merupakan kondisi di mana kadar hemoglobin dalam darah kurang.

Gangguan Tiroid

Orang-orang dengan gangguan tiroid juga berpotensi merasa lelah sepanjang hari. Biasanya, kondisi ini juga disertai dengan gangguan sistem pencernaan, sering mengantuk dan keluar keringat berlebih.

Risiko Penyakit Kronis

Penyebab selanjutnya ada risiko penyakit kronis. Matthew Ross, seorang CEO situs The Slumber Yard, mengungkapkan jika kelelahan yang terjadi sepanjang hari bisa sebagai tanda adanya risiko penyakit kronis. Hal ini sangat penting untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter atau ahli kesehatan terkait. 

Risiko Penyakit Jantung

Studi menemukan jika seseorang yang sering kelelahan berlebih berpotensi mengalami masalah kesehatan jantung. Orang-orang ini juga rentan mengalami gangguan organ terkait lainnya. 

Stres hingga Depresi

Stres dan depresi juga menyebabkan kelelahan sepanjang hari. Bahkan ketika kamu telah memiliki waktu istirahat cukup dan konsumsi nutrisi harian cukup. Depresi sangat mengancam kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

Itulah sekian penyebab kenapa kamu sering merasa lelah sepanjang hari meski sudah istirahat cukup. Selain penyebab di atas, kekurangan nutrisi tertentu juga rentan bikin kamu merasa sering lelah. Jika mendapati tubuh sering lelah terutama tanpa alasan jelas, jangan ragu untuk memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter atau tenaga kesehatan terkait. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading