Sukses

Health

5 Hal yang Harus Dilakukan untuk Memperkuat Imun Tubuh

Fimela.com, Jakarta Tubuh sehat berawal dari gaya hidup sehat dan imun tubuh yang kuat. Sistem imun atau sistem kekebalan tubuh berfungsi untuk melindungi tubuh dari serangan virus, bakteri, dan berbagai penyakit. Bila sistem imun lemah maka penyakit akan mudah menyerang. Mudah terserang flue dan batuk menjadi tanda umum kekebalan tubuh bermasalah yang pada akhirnya mendatangkan penyakit lain.

Agar terhindar dari berbagai penyakit dan memiliki tubuh bugar, harus dimulai dari memperkuat sistem imun. Melansir dari Health Line beberapa cara sederhana bisa meningkatkan kekebalan tubuh secara signifikan. Tubuh sehat dengan kebiasaan sederhana, simak penjelasan berikut ini.

1. Tidur Cukup

Tidur dan sistem kekebalan tubuh berkaitan erat. Penelitian menemukan fakta bahwa orang yang kurang tidur lebih rentan terkena penyakit. Maka dari itu istirahat ditengah aktivitas padat penting untuk memperkuat kekebalan alami tubuh. Waktu yang dibutuhkan untuk tidur antara lain 7 jam bagi orang dewasa, 8-10 jam bagi anak-anak, dan 14 jam bagi bayi.

2. Konsumsi Makanan Nabati

Nabati utuh seperti sayuran, buah, kacang-kacangan, dan biji-bijian kaya akan nutrisi anti oksidan yang dapat melawan virus dan bakteri berbahaya. Kandungan ini bekerja dengan memerangi radikal bebas yang dapat menyebabkan peradangan di tubuh. Peradangan kronis sendiri menyebabkan penyakit seperti alzheimer, kanker, dan jantung. Selain itu serat pada makanan nabati bermanfaat untuk kesehatan usus.

3. Konsumsi Lemak Sehat

Lemak sehat yang terkandung pada ikan salmon dan minyak zaitun dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Minyak zaitun yang mengandung anti-inflamasi dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kronis seperti jantung dan diabetes tipe 2. Selain itu anti-inflamasi membantu tubuh melawan bakteri dan virus.

4. Membatasi Konsumsi Gula Tambahan

Tambahan gula dan karbohidrat olahan dapat berkontribusi terhadap kelebihan berat badan dan obesitas. Obesitas sendiri berpengaruh pada peningkatan risiko terserang berbagai penyakit. Membatasi asupan gula dapat mengurangi peradangan dan membantu penurunan berat badan, sehingga mengurangi risiko kondisi kesehatan kronis. Hal ini juga secara signifikan berpengaruh pada penurunan tingkat imun tubuh.

5. Rutin Berolahraga

Tak perlu olahraga berat yang menyita banyak tenaga, olahraga ringan juga bermanfaat untuk imun tubuh. Bila olahraga dilakukan secara teratur akan membantu sel kekebalan tubuh beregenerasi secara teratur. Contoh olahraga ringan yang dapat dilakukan adalah joging, berenang, dan bersepeda. Rutinlah olahraga setidaknya 150 menit per seminggu.

Tubuh sehat berawal dari gaya hidup. Terapkan kebiasaan baik di atas setiap hari dan lakukanlah secara rutin agar tubuh bugar dan tak mudah sakit.

Penulis: Mufiidaanaiilaa A.S

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading