Sukses

Health

Selain Turunkan Kolesterol, Ini 7 Manfaat Lain Jahe untuk Kesehatan Tubuh

Fimela.com, Jakarta Jahe merupakan tanaman rempah yang memiliki segudang manfaat buat kesehatan fisik pun psikis. Aroma jahe yang wangi, membuatnya cocok digunakan sebagai pewangi makanan atau minuman. Bagi ibu hamil, jahe ini dipercaya bisa mengatasi masalah mual atau morning sickness. Sementara untuk orang lain tanpa kehamilan, konsumsi jahe memiliki banyak manfaat salah satunya menurunkan kadar kolesterol. 

Mengutip dari laman bestlifeonline.com, jahe mengandung nutrisi berupa kalori, karbohidrat, serat, lemak, gula dan protein. Ini juga mengandung beberapa vitamin yang penting buat tubuh. Jahe bahkan mengandung zat dan mineral lain berupa zinc, magnesium serta fosfor. Tak heran, jahe memiliki banyak manfaat. Adapun manfaat jahe untuk kesehatan tubuh antara lain sebagai berikut:

Antikanker

Manfaat pertama dari konsumsi jahe secara rutin yakni sebagai antikanker. Sejauh ini, penelitian akan terus mengkaji daya guna jahe untuk mencegah pun mengatasi masalah kanker. 

Menurunkan Stres atau Depresi

Aroma jahe yang wangi, membantu pikiran menjadi lebih rileks dan tenang. Konsumsi jahe secara rutin dipercaya bisa menurunkan risiko stres atau depresi. Ini juga bisa membuat pikiran lebih semangat, fokus dan logis.

Menurunkan Kolesterol

Para ahli menemukan jika konsumsi jahe secara rutin bisa bantu menurunkan glukosa dalam darah. Tak hanya itu saja, ini juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol serta lemak jahat berlebih di dalam tubuh. 

Meningkatkan Sistem Imun

Studi yang berjudul Anti-oxidative and anti-inflammatory effects of ginger in health and physical activity: Review of current evidence dan dipublikasikan International Journal of Preventive Medicine, menyebutkan jika jahe kaya akan vitamin C di dalamnya. Jahe juga mengandung beberapa zat yang bisa meningkatkan antibody atau kekuatan imun. Tak hanya itu saja, kandungan nutrisi pada jahe tersebut juga bisa mencegah alergi atau menurunkan risiko alergi.

Meredakan Nyeri Otot

Buatmu yang sering mengalami nyeri otot, cobalah untuk lebih rutin konsumsi jahe. Geprek 1 rimpang jahe kemudian seduh dengan air hangat, tambahkan madu secukupnya dan konsumsi secara rutin. Ini bisa membantu mengatasi nyeri otot. Ini bahkan bisa membantu membuat tubuh terasa lebih ringan dan bersemangat. 

Mengatasi Masalah Pencernaan

Manfaat jahe selajutnya yakni mengatasi masalah pencernaan. Konsumsi jahe bisa mengatasi sembelit pun diare. Sifat hangat dari jahe, bahkan bermanfaat meredakan nyeri perut selama menstruasi.

Bantu Menurunkan Berat Badan

Jahe memiliki nutrisi tertentu yang ampuh membakar kalori dan lemak berlebih dalam tubuh. Inilah yang kemudian membantumu menurunkan berat badan secara alami. Minum teh jahe secara rutin dan miliki pola makan yang lebih sehat, untuk dapatkan berat badan ideal sesuai harapan selama ini. 

Nah, itulah sekian manfaat dari konsumsi jahe untuk kesehatan tubuh. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading