Sukses

Health

5 Tanda Gula Darah Tinggi yang Wajib Diketahui

Fimela.com, Jakarta Salah satu silent killer tertinggi di dunia adalah diabetes. Komplikasi dari penyakit ini cukup beragam, mulai dari stroke hingga serangan jantung. Agar terhindar dari masalah ini, sebaiknya kamu memahami beberapa tanda kamu mengalami gula darah tinggi.

Jika dalam waktu panjang, gula darah tinggi ini dapat menyebabkan berbagai masalah. Hal ini dapat memicu beberapa organ tubuh, misalnya saraf, mata, dan ginjal. Lalu, apa saja tanda tubuh mengalami gula darah tinggi? Yuk, simak 5 tandanya di bawah ini.

Mudah Haus

Tanda pertama yang sering dirasakan saat gula darah tinggi adalah sering merasa haus. Meskipun sudah minum cukup banyak air, tapi masih merasakan haus. Hal ini karena, glukosa dalam tubuh menumpuk dan dibuang tubuh dalam bentuk urine. Untuk mengganti cairan tubuh ini lah, tubuh mengisyaratkan untuk minum air lebih banyak lagi.

Mudah Merasa Lelah

Tanda selanjutnya adalah tubuh merasa mudah lelah. Hal ini karena, glukosa dalam tubuh tidak dapat diubah jadi energi karena kekurangan insulin. Inilah yang membuatmu merasa cepat lelah.

Mudah Lapar

Sering merasa lapar meskipun sudah banyak makan adalah salah satu tanda gula darah tinggi. Hal ini dikarenakan tubuh tidak bisa mengubah gula menjadi energi.

Sakit Kepala

Selain kelelahan, dehidrasi karena gula darah tinggi bisa menyebabkan sakit kepala. Penyebabnya adalah tubuh lebih sedikit urine saat dehidrasi, sehingga glukosa yang terbuang dari tubuh juga sedikit.

Luka Sulit Sembuh

Tanda terakhir jika gula darah tinggi adalah saat kamu memiliki luka maka luka tersebut sulit untuk sembuh. Disebabkan karena terjadi kerusakan pada pembuluh darah, sehingga sirkulasi darah terganggu. Hal inilah yang sering menjadikan luka sulit sembuh.

Sahabat Fimela, demikian 5 tanda jika gula darah tinggi. Jangan sepelekan tanda ini karena dapat membahayakan kesehatan. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading