Sukses

Health

5 Tanda Kolesterol Tinggi Dilihat dari Kondisi Wajah

Fimela.com, Jakarta Kolesterol tinggi dalam tubuh bisa berdampak buruk buat kesehatan. Kolesterol yang tinggi meningkatkan beragam masalah kesehatan. Salah satunya yakni masalah jantung. 

Mengutip dari laman medicalnewstoday.com, gejala kolesterol tinggi mungkin tak mudah untuk dikenali apalagi jika masih berada di kondisi ringan. Meski begitu, gejala kolesterol tinggi yang sudah berada di kondisi parah, gejalanya bisa dilihat dari beragam hal. Salah satunya yakni dari kondisi wajah. Gejala ini bisa dilihat dengan cukup mudah. Adapun gejala kolesterol tinggi di wajah antara lain sebagai berikut.

Cincin Keabu-abuan di Kornea Mata

Arcus kornea dipercaya bisa menandakan gejala kolesterol tinggi. Menurut National Heart, Lung, and Blood Institute (NHLBI), arcus atau cincin putih keabu-abuan di sekitar kornea mata, menandakan gejala kolesterol tinggi. Peneliti menemukan jika sebagian orang dengan riwayat kolesterol tinggi mengalami kondisi ini.

Lesi Kulit

Lesi kulit merupakan kondisi di mana kulit tampak keras seperti lilin. Tak hanya kulit mengeras seperti lilin, adanya benjolan di permukaan kulit seperti nodul, benjolan kecil, hingga tumor jinak juga menandakan risiko kolesterol tinggi. Endapan penumpukan kolesterol di bawah kulit, sering dikaitkan dengan masalah ini.

Psoriasis

Selain lesi kulit di mana kulit tampak mengeras, kulit bersisik juga menandakan adanya risiko kolesterol tinggi. Psoriasis oleh kolesterol tinggi, bisa menyebabkan gangguan sistem kekebalan tubuh. Ini kemudian menyebabkan terjadinya bercak tebal dan sisik pada kulit. Selain di kulit wajah, kondisi ini sering terjadi di kulit kepala, siku, lutut dan punggung bawah.

Munculnya Benjolan Ungu

Benjolan ungu yang muncul di permukaan kulit, disertai dengan rasa gatal dan tidak nyaman, juga sebagai gejala kolesterol tinggi. Biasanya, benjolan ini ditemukan di lengan, punggung dan wajah. 

Ruam di Kulit dan Sekitar Mulut

Adanya ruam yang muncul secara tiba-tiba di kulit wajah terutama seitar mulut, juga bisa menjadi gejala awal kolesterol tinggi. Para ahli menemukan jika kondisi ini bisa terjadi karena kadar lipid yang tinggi dalam tubuh. Ini juga dikaitkan dengan risiko kolesterol tinggi. 

Itulah sekian tanda atau gejala kolesterol tinggi yang bisa dilihat dari kondisi wajah. Pastikan untuk menjaga pola makan dan hidup sehari-hari untuk menstabilkan kadar kolesterol dalam tubuh. Cobalah untuk lebih bijaksana dalam memilih asupan nutrisi sehari-hari. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading