Sukses

Health

7 Penyebab Rambut Rontok yang Sering Terjadi Namun Tak Disadari

Fimela.com, Jakarta Rambut rontok merupakan masalah yang hampir dialami oleh setiap orang. Studi menemukan jika umumnya seseorang mengalami rambut rontok kurang lebih sebanyak 200 helai setiap harinya. Ada beragam penyebab kenapa rambut bisa rontok. Sayangnya, beragam penyebab ini sangat jarang disadari. Apa saja penyebab tersebut? 

Mengutip dari laman bestlifeonline.com, inilah beberapa penyebab rambut rontok yang sangat sering terjadi namun begitu jarang disadari. Sima baik-baik ya Sahabat Fimela.

Kekurangan Vitamin

Vitamin sangat penting buat tubuh. Salah satunya untuk kulit kepala dan rambut. Kekurangan vitamin D, B dan sejenis, bisa meningkatkan risiko rambut rontok. Tak hanya itu saja, kekurangan vitamin bisa memicu kebotokan, lambatnya pertumbuhan rambut dan masalah rambut lainnya. 

Stres

Setiap orang pasti mengalami stres dalam hidupnya. Ada banyak masalah yang bisa meningkatkan risiko stres. Meski begitu, cobalah untuk mengelola stres dengan baik. Ketika kamu tak bisa mengelola stres dengan baik, ini bisa memicu rambut rontok dan masalah lain yang lebih parah. Ini bahkan bisa mengganggu hormon dalam tubuh yang memicu beragam masalah kesehatan fisik pun psikis. 

Bertambahnya Usia

Semakin bertambah usia seseorang, akan semakin besar risiko rambut rontok yang ia alami. Sebagai bentuk penuaan, rambut rontok adalah hal yang wajar. Para ahli menyebut penuaan ditandai dengan pergantian sel dalam tubuh yang salah satu dampaknya rambut rontok. 

Perubahan Hormon

Ketika hormon dalam tubuh berubah karena kehamilan, menopause, menstruasi, dan sejenisnya, ini rentan bikin rambut makin mudah rontok. Tak hanya itu saja, perubahan hormon juga rentan berpengaruh pada berat badan dan kesehatan lainnya. 

Kurang Tidur

Buat kamu yang punya kebiasaan begadang, pastikan untuk menghentikan kebiasaan tersebut. Kurang tidur bisa berpengaruh buruk bagi kesehatan. Salah satu pengaruhnya yakni bikin rambut rontok parah. Kurang tidur juga berpengaruh pada kesehatan mental. 

Keramas Terlalu Sering

Keramas memang bikin rambut tampak bersih dan wangi. Namun tahukah kamu, keramas yang terlalu sering termasuk setiap hari keramas, ini bisa meningkatkan risiko rambut rontok. Keramas terlalu sering dengan menggunakan sampo, bahkan dipercaya bisa meningkatkan beragam masalah rambut termasuk rambut kering, rambut bercabang dan masih banyak lagi.

Mengikat Rambut

Buatmu yang punya rambut panjang, mengikat rambut adalah hal yang penting dilakukan setiap hari. Mengikat rambut bisa bikin kita makin nyaman apalagi bagi kita. Namun perlu diingat, mengikat rambut secara terus menerus dengan ikatan yang terlalu kuat, ini bisa memicu rambut rontok. 

Itulah beragam penyebab rambut rontok yang sangat sering terjadi namun jarang disadari. Semoga informasi ini bermanfaat. Yuk, makin bijak dalam menjaga kesehatan pun kecantikan rambut dan tubuh secara menyeluruh. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading